Menyaksikan Gerhana Matahari Total / GMT tadi pagi, menimbulkan pertanyaan dalam diri saya apakah GMT yang hanya terjadi di Indonesia dari Sumatra sampai Papua, merupakan pertanda dari perubahan yang penting di Indonesia ?

images (7)

Sudah menjadi kebiasaan kebanyakan orang Jawa untuk mengamati gejala2 alam atau keanehan2 tertentu dan mencoba memaknainya sebagai pertanda akan terjadinya sesuatu, baik untuk dirinya, keluarga bahkan untuk negara.

Perkembangan politik Indonesia sejak kemerdekaan tahun 1945, dapat kita bagi dalam beberapa tahapan perkembangan yang menarik dan signifikan sebagai berikut :

1. Periode SOEKARNO 1945 – 1966 :

images (43)

Bung Karno memprioritaskan pembangunan di bidang politik, berdasarkan pemikiran :

a. Meletakkan Pancasila sebagai falsafah dasar bangsa dan negara Indonesia, staats fundamentaal norm dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai azas pemersatu bangsa

b. Indonesia yang baru merdeka membutuhkan pengakuan dari dunia internasional tentang existensi Negara Republik Indonesia yang merdeka dan berdaulat penuh dari Sabang hingga Merauke

c. Visi Bung Karno yang luar biasa berskala global adalah membantu menciptakan perdamaian dunia yang bebas dari penjajahan, sebagaimana tercantum dalam Mukaddimah UUD 1945

d. Menjadi panutan / leader dari negara2 berkembang sebagai kekuatan penyeimbang di luar negara2 adi kuasa yang terpolarisasi dalam kubu Amerika Serikat dan Uni Sovyet dengan Gerakan Non-Blok melalui Konferensi Asia-Afrika di Bandung, serta gagasan penyatuan kekuatan negara2 Asia, Afrika dan Amerika Latin ( AAA ) yang tidak terwujud karena beliau keburu dilengserkan.

2.Periode SOEHARTO 1966 – 1998 :

images (14)

Soeharto memprioritaskan pembanguan ekonomi karena pada awal pemerintahannya, perekonomian Indonesia betul2 dalam keadaan yang memprihatinkan. Selama kurun waktu 32 tahun, memang harus diakui bahwa perekonomian telah berkembang pesat.
Tetapi karena merajalelanya korupsi dan terutama karena Soeharto memerintah secara otoriter, beliau dilengserkan dan muncullah Gerakan Reformasi.

3.Periode Reformasi 1998 – 2014 :

images (40)

Yang menjabat sebagai presiden adalah B. J. Habibie, Abdulrachman Wahid, Megawati Soekanoputri, dan Susilo Bambang Yudhoyono.

Dalam kurun waktu ini, tidak tampak adanya perkembangan yang signifikan, baik di bidang politik yang lebih demokratis dan ekonomi yang masih terpuruk.

4.Periode Jokowi 2014 – kini :

download (10)

Jokowi yang jujur, teguh dalam prinsip, berusaha keras untuk membenahi NKRI yang bebas dari korupsi yang sudah berakar dalam seluruh sistem birokrasi baik legislatif, exekutif maupun yudikatif dan partai2 politik, menghadapi perlawanan dari segala penjuru, terjebak ke dalam “a hostile environment”.

Dengan segala ketenangan dan kecerdasan beliau, Jokowi berusaha keras untuk menguasai keadaan dan telah mulai menampakkan hasil yang positf.

Pemberantasan korupsi yang terus digalakkan dan diplomasi politik yang dimainkannya dengan cantik, berhasil mengendalikan koalisi oposisi yang mulai rontok satu demi satu. Dengan program pembangunannya yang pro-rakyat dan prioritas pembangunan di luar Jawa, telah menaikkan popularitas Jokowi di seluruh Nusantara.

Walaupun hasilnya baru dapat dinikmati dalam beberapa tahun mendatang, tetapi ketulusan, kejujurannya dan iktikat baiknya untuk mensejahterakan rakyat kecil sudah mendapat simpati dan kepercayaan dari rakyat.

Menyaksikan Gerhana Matahari Total pagi tadi yang terjadi hanya di Indonesia, saya teringat tulisan saya tertanggal 12 Agustus 2011 tentang “Hidden Message – Pesan Tersembunyi dalam Lambang Garuda Pancasila ?” ( terlampir” ) tentang tahapan2 perkembangan di Indonesia.

HIDDEN MESSAGE – GARUDA PANCA SILA

Dalam tulisan saya tersebut, saya gambarkan pesan2 tersembunyi dalam lambang2 dalam Garuda Pancasila sebagai berikut :

download (11)

1.Lambang Kepala Banteng

Menggambarkan Periode Soekarno, terkait dengan PNI yang didirikannya

2.Lambang Beringin

Menggambarkan Periode Soeharto, terkait dengan lambang dari Golkar

3.Lambang Rantai

Menggambarkan Periode Jokowi yang meletakkan azas Persatuan dan Keadilan sebagai landasan permulaan dari Periode ke 3 ( Jaman Ratu Adil )

4.Lambang Padi & Kapas

Periode Kemakmuran yang dilambangkan dengan Padi & Kapas sebagai periode ke 4 yaitu jaman yang Adil, Makmur, Tata, Tentrem, Gemah Ripah Lohjinawi.

Lambang Bintang di tengah perisai menggambarkan Sila Ketuhanan Yang Maha Esa yang merupakan azas pokok / center point / pakem dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dan tidak ikut dalam perkembangan pembangunan.

Periode Reformasi tidak terhitung dalam tahapan-tahapan perkembangan karena kurang signifikan dan hanyalah sebagai transisi saja.

Indikasi perubahan jaman ?

Apakah Gerhana Matahari Total yang kita saksikan hari ini tanggal 9 Maret 2016 melambangkan akan adanya perubahan yang signifikan ?

Ada beberapa faktor penting yang dapat kita cermati, antara lain :

1.Bidang pembangunan nasional :

Prioritas pembangunan infrastruktur transportasi massal dan ekonomi secara besar-besaran di luar Jawa akan mendorong pembangunan ekonomi dengan lebih cepat, seimbang, adil dan merata di seluruh Nusatara

2.Revolusi mental :

Pembangunan mental yang berakar pada budaya nasional dengan nilai-nilai etika dan moral Bangsa Indonesia, dan tidak mengjiplak mentah-mentah nilai-nilal dari luar dan menafikkan kearifan local. yang tercantum dalam Nawa Cita

3.Pudarnya kepercayaan rakyat terhadap partai-partai politik :

images (42)

Munculnya Basuki Tjahaya Purnama / Ahok sebagai calon Gubernur DKI lewat jalur independen yang mendapat dukungan sebagian besar warga Jakarta, menggambarkan sudah pudarnya kepercayaan masyarakat terhadap Partai2 Politik yang tidak lagi memperjuangkan kepentingan rakyat, tidak pro-rakyat dan hanya mementingkan kepentingan elit partai yang haus kekuasaan

4.Indonesia dengan Islam yang moderat :

Indonesia dengan penduduk Islam terbesar di luar Timur Tengah yang berazaskan Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika telah menempatkan diri sebagai Negara Islam Moderat sebagai mana telah dicetuskan dalam KTT Negara-negara OKI di Jakarta kemarin.

Mungkinkah Indonesia muncul kembali sebagai Pemimpin Negara-negara Non-Blok ?

Faktor-faktor tersebut di atas dapat berkembang dengan cepat dan membawa perubahan yang “revolusioner” secara nasional karena rakyat sudah muak dan habis kesabarannya dengan kondisi yang menyengsarakan kita semua.

Rakyat menginginkan perubahan yang lebih radikal, lebih mendasar, lebih revolusioner.

Apakah Gerhana Matahari Total merupakan perlambang akan terjadinya perubahan yang revolusioner ?

download (12)

Demikianlah sekelumit lamunan saya yang berkaitan dengan GMT yang kita saksikan pagi tadi.

Semoga apa yang dicita-citakan leluhur kita untuk tercapainya Nusantara yang adil, makmur, tata tentrem, gemah ripah lohjinawi dapat terwujud.

GERHANA MATAHARI TOTAL 9 MARET 2016 – PERTANDA

Jakarta 9 Maret 2016

W. Haryono

***