Wilujeng rahayu dik Nilam Gokil😉 ,

Weeh lha, kecil-kecil udah pinter belajar jadi wayang, mbak Dewi baca bukunya sampai kemekelen… Byuhh, masih sekolah udah pinter ngem-C, pinter nari, pinter dagang, pinter nulis buku pula… jian top markotop, artis serba bisa dan multi talenta, two thumb up!

Wis ayo langsung wae tak share-ke ning pendopo…

Ketularan dik Nilam, bahasanya jadi lebih ringan, santai namun belepotan eh keren, pokoknya gokil abis!😀

Ini nih cuplikan bukunya…

nilam gokil

Maroon 5 feet Pandawa 5, and Petruk Ngerock \m/

(Kisah Pertama Nonton Wayang Orang Bharata)

Ketenangan pagi hari Minggu 5 Desember 2010 terusik (*apal ya gue -_-*). Begitu bangun tidur, abis mandi langsung nyalain laptop dan internet. Kenapa? Soalnya hari ini presale ticket Maroon 5. Udah dibelain libur-libur bangun early morning, eh taunya baru jam 6 pagi cumin dapat waiting list di urutan 300!. Bzzt😛

Emak nanya, apa itu Maroon 5, berapa harga ticketnya?. Waktu aku bilang harga ticketnya yang paling murah, emak kaget shockydocky. “Haaah, itu bisa beli selusin ticket VIP Wayang Orang Bharata. Keren tauk, ada Pandawa Five. daripada Maroon Five, opo kuwi? Giliran aku yang kaget shockydocky plus ngakak ketawa. Maroon Five feat Pandawa Five? Aya-aya wae hahaha.

images (14)

images (29)edit1

 

 

 

    VS 

 

 

 

Dewi Arimbi Pake Behel

(Kisah Dewi Arimbi, Pembagian Peran, dan Pengenalan Panggung)

Dewi Arimbi adalah putri kedua Prabu Arimbaka, raja raksasa dari kerajaan Pringgodani. Sodara kandungnya ada tujuh bernama Arimba, Arya Prabakesa, Brajadenta, Brajamusti, Brajalamatan, Brajawikalpa dan Kalabendana.

Alkisah (ini kisah imajiner fren, dari dalang_gokilhalal.com😛 ), pada suatu hari Dewi Arimbi disuruh Arimba beli Ubi Talk sendirian. Sodaranya yang lain, lagi pergi. Karena bête, hapenya ketinggalan, jadi nggak bisa ngeliat Google Maps dan Google earth. Dewi Arimbi kesasar di hutan kerajaan Amerta, muter-muter sampe capek dan pengen nangis, takut nggak bisa pulang.

Pada saat itu di hutan Amerta, Bima sedang siskamling, ngontrol hutan, takut ada yang nebangin pohon sembarangan. Soalnya Bima denger, hutan-hutan suka dijarah dan ditebangin sama prajuritnya Prabu Illegalloging. Makanya Bima jadi rajin ke hutan Amerta, yang sudah capek-capek dirawat sama sodara-sodaraanya Pandawa Five, sampe jadi hutan lindung🙂 V.

Sayup-sayup Bima mendengar suara cewek nangis. Hiiiii… mula-mula Bima merinding juga. jangan-jangan suara kuntil anak. Trus Bima nyadar kalo dia sakti. Bima ngangkat kukunya dan berkata “Hmmm… jangankan kuntil anak, kuntil emak pun tak plintir lehermu kalo berani jail!” Bima terus mencari arah suara tangis. Dan Bima pun kaget melihat Dewi Arimbi duduk menelungkupkan mukanya di dengkul “Ngapain tuh Dewi ngedeprok di bawah puun?”.

Bima ndeketin dan ngatur suaranya biar alus, nggak menggelegar. “eehmm ehmm, wahai Dewi, is anything I can do for you?” Bima kaget sendiri, dan berkata dalam hati “Hmmm… tumben gue bisa ngomong romantis”. Pelan-pelan Dewi Arimbi ngangkat mukanya. Bima kaget lagi “Ee busyet, dewi raksasi. tapi cakep banget ya. Boleh juga nih di tembak”, katanya dalam hati. Diem-diem Bima fall in love at the first sight (kebanyakan ngapalin lagu fren😛 ).

Trus Bima mulai pedekte, beraniin memperkenalkan diri. “Hmmmm… kenalin, namaku Bima”. Giliran Dewi Arimbi yang kaget. Soalnya nama Bima udah beken di kerajaan Pringgodani. “Ini Bima asli bukan?, jangan-jangan jelmaan mbah Marijan?. Soalnya, Semar kan jelmaan Betara Ismaya” Tanya sang Dewi sambil kebingungan. Bima lebih bingung dan berkata kesel “Hmmm…. sapa tuh mbah Marijan?, aku ora kenal. Emang ada Bima palsu apa??”.

Gimana kelanjutan kisahnya?… Silahkan baca isi bukunya fren😀 …

download (12)

Nonton Ketoprak Sambil Makan Ketoprak

(Ketoprak, antara Kesenian dan Makanan)

Di Jakarta, makanan yang namnya ketoprak tu bekennya nyamain makanan-makanan jun food dari Amrik. Kayaknya semua orang tahu dan pernah makan ketoprak. Dimana-mana kita sering ketemu gerobak ketoprak. Yang lagi mangkal kek, yang lagi didorong kek. Tapi aku heran, sebetulnya makanan ketoprak ini asalnya dari mana, trus kenapa dinamain ketoprak?. Aku udah nanya sama mbah Google dan mbah Wiki, ee pada nggak tahu.

Ketoprak kesenian juga beken. Apalagi waktu ada Ketoprak Humor di tipi. Tapi nonton ketoprak beneran pasti jarang. Nah ini seru abis fren, nonton ketoprak sambil makan ketoprak!. Mungkin nggak ada duanya di dunia. yang ini cuman ada di Gedung Bharata Purwa, tempat pentasnya Wayang Orang Bharata. Disini, sebulan dua kali tiap Jum`at minggu pertama dan Jum`at minggu kedua, ada pentas Ketoprak Jenaka Adhi Budhya, kolaborasi sama Wayang Orang Bharata.

Nonton ketoprak di Bharata, seru banget. Kita bisa nonton asyik, makanan diantar ke dalam. Caranya gini fren, kalau udah punya ticket, sebelum masuk gedung, pesen dulu dah tu ketoprak. Bisa tambah ati ampela atau usus goreng, minuman, dan jajanan yang lain. Ketopraknya juga enak (gua bantuin promo nih). Mungkin karena udah mahir banget ngeraciknya. Di sebelahnya ada mie goreng, yang juga enak. katanya mereka udah pada dagang disitu dari sejak ortunya, lebih dari 30 taon. Bujug!.

Nomer kursi kita, kasih tau sama ketoprak-man, abis itu kita tinggal masuk ke gedung. Ketoprak man kan udah apal deretan kursi dan nomernya, jaid nggak lama bakalan nyamperin bawapesanan kita. Gaya ini ternyata ditiru di bioskop bro. Sekarang kan kalo nonton bioskop, ada waiter yang nawar-nawarin makanan dan minuman ke penonton. Maka terinspirasi dari ketoprak-man di Gedung Bharata Purwa xixixixi…🙂

download (13)

Yang nggak kalah seru, waktu ngeliat ketoprak backstage. karena aku udah gabung dan gaul sama seniman-seniman Bharata, jaid aku boleh ikut nimbrung ngeliat persiapan pementasan ketoprak. Waduuuuh baru latian aja udah kocak-kocak banget fren. Mereka bercanda mulu waktu latian. Latihannya juga sama dengan Wayang Orang Bharata kalo mau pentas. Tiga jam sebelum pentas, baru latian di panging sambil ngapalin naskah. Tapi karena yang main seniman-seniman senior, ya gampang aja, improvasi panggung udaah gape banget dah. salah dialog malah diplesetin jadi ngocol yang bikin ger-geran. Pemainnya juga ikut ger-geran..🙂

Yang bikin tambah gokil tuh ya adegan gokilnya seniman-seniman Srimulat, antara lain Kadir, Rohana, Nurbuat dan Eko. Para seniman senior di Ketoprak Jenaka Adhi Budaya kan udah ada mahir, jadi pada nyantai aja. Begitu datang becanda-becanda trus liat daftar peran, susunan adegan, dan synopsis lakon yang mau dipentasin, yang ditempel di dinding samping panggung. Abis itu pada make-up dan dandan sendiri-sendiri. Petugas wardrobe udah nyiapin kostum para pemain.

DSCN6290edit1

…. dst dst dst…. Trus, apa hubungannya ketoprak makanan ama ketoprak kesenian??… Nah, ini dia, begimane si Nilam menyikapi sejarah ketoprak serta meramu dan meracik sudut pandangnya juga pengalamannya selama belajar seluk beluk dan bermain ketoprak sangat menarik untuk di simak dan di ikuti🙂 …

http://www.bukabuku.com/browses/product/9789791527835/kecil-kecil-jadi-wayang.html

***