Atur Katresnan

 

Nalikaning gagrak rahina,

Lumaku semilir sang hyang samirana,

Kanti semsem asmara ening,

Kasiliring lakuning sang chandra kartika,

Medal maringi sasi sewelas,

Sawiji nemahi wukune Bala,

Mijil jabang kanti waluya jati,

Klawan marsudi hayu budi,

Akarya senseming nala,

Suka basukining para wardaya,

Jumbuhing budi rasa,

Gumebyar puji pangestuti marang Gusti,

DEWI MURNI sinebat asma

Saking Biyung lan Bapa,

Tetenger ngupadi arca padha,

Tutwuri gegayuhan lan dedonga,

Dadi titahing ngalam donya,

Kanthi alandhesan budi suci,

Manembah mring ngarsaning Gusti,

Asih tresna sasami,

Iku kang dadi tandang tumitah,

Saguh ing sabarang daya lan karya,

Sareh marang samubarang titah.

Matursembah Nuwun

~Salam Katresnan~

***

49 thoughts on “Atur Katresnan”

  1. jabang mijil sarwi tetangisan>> takon marang sang Bapa Biyung.. rasa anyep njejep padang ning dudu padang kang sejati.. pitakonan bingung ono ing ngendi.., triwulan melek byar gumuyu tanpo nandang aboting urip, blengah blengeh.. isine mung seneng lan suko reno, gumuyu tanpo ono sing diajak ngguyu.., cahyo sumunar ing mustakane… milo sang jabang bayi kanti seneng lan roso ayem .. selapanan thes pedot tali puser.. pet peteng ndedet lelimengan.. musno nurcahyo kang gumebyar ing mustakane… duh Bopo biyung.. luwih becik aku nyuwun selawase ono ing alam kekandutan… padang sumilak cahyo tanpo tandingan…, ayem tentrem, suko reno, sengsem meneng lan awor sang Gusti…. ning saiki… aku lali cahyo sumunar kuwi nyandi parane..? aku durung bisa mbuka hijab hijab sing akehe podo karo rambut ing mustakaku…, ingsun kangen marang cahyoMu.., rasa sak jeroning rasa mung bisa kondo karo pitakonan …ngendi dumunungmu .. ngendi omahku sing dikoyo ing alam kekandutan….., aku lali… aku lali.. aku lali… duh Gusti…, cedak tanpo senggolan, ning ing ngendi papan dumunungMu..,…

    nduk.. mugya sing ono ing kahanan becik… laku lampah tata wicara lan gegayuhan sing ajeg den banyu mili.. ilining banyu….., sabar sareh , llilo legowo ing samubarang gawe…., lir banyu mili yo nduk…. paman sengkuyung anggonmu gegayuhan becik.., seprana seprene mung entuk kahanan sing nora sreg tumraping ati… mulo sawijining mongso bakal ketemu opo sing dadi kekarepanmu yo nduk.., Gusti ora adoh nduk…mulo sambungen rasa, manjing marang omahe..
    Rahayu Sagung para Titah, hamemayu hayuning bawana, gelar gulung kekalihing j jagad dadi siji perkoro…, jumbuh sariro tunggal..,

    salam sih katresnan,

    • @ Tunggal Lanang,

      Salam sayang lan sungkem kagem paman Tunggal Lanang ingkang kinasih, sawiji-wijine lanang sing ono ing jagad, Whe lha dha lah😉 …

      Maturnuwun bab kahanan tembung ‘Garbha’ ingkang endahe niki, mugi saget awor sengsem meneng tansah emut lan nentremake ati…

      Roso sak jeroning roso, nanging ing donyo niki kulo supeh, amergi kebak hijab utawi rintangan sing akehe podo karo rambut ing mustaka… Duh, Gusti ingsun kangen marang cahyoMu… Mongko wiwit mulo nate manjing marang omahe…

      Nanging urip mung sak dermo nglampahi, lir miline banyu, Laku lampah gegayuhan sing ajeg tumraping papan dumungane ati, sabar sareh, lilo legowo ing samubarang gawe…

      Matursembah Nuwun,

      Dewi

      • Keep smile…
        Sumeh sumringahing ati
        Pratanda cedaking cahyaning ati
        Mulat sarira hangrasa wani…
        Wani ing hinggiling Pakerti
        Sejatning cahyaning sang Puteri

        Sugeng dalu

  2. iki sing dilukis awakmu>> sing nglukis awakmu… lha piye nduk… biyen dikoyo putri kraton duduk nyengkruk… ala lukisan klasik… ning kursine kok jaman saiki nduk… haaaaaaa…….kursine ganti nganggo penjalin opo ukiran nduk…
    huahahahaha… ga usah ding .. wis ngunu wae uapik poll… janjane yo karo nyekel udud lintingan.. mengko paman sing dadi Pronocitro .. hauahahaha.. ning Pronocitro tuek ..ompong… huahahahaha>>> jiaaannn… ora ndlomok…haaaaaa…

    • @ Tunggal Lanang,

      Nggih maturnuwun pujiannya, saya merasa beruntung sekali, memang kelihatan manglingi, klasik kayak seorang putri jaman kuno, kulo mawon nggih pangling, kayak bukan saya tapi saya… he he he…

      Niku sing nglukis tiyang mpun sepuh, kulo dadi modele kiyambak, lha kursine niku nggih sakwontene mawon, ten nggriyane nggih mboten enten perabotan mewah, pas ketepakan enten kursi glindingan kados kursi office tapi kursine nggih mpun lawas :)…

      Berdandan sederhana pake kamen dan kemben, rambut namung di gelung, terus duduk di kursi yang telah tersedia, sama beliau, saya di arahkan untuk bergaya duduk menyilangkan kaki, tangan saling melipat di atas lutut, dan menahan tidak gerak/ tidak obah dalam dua jam… udah selesai, jadi deh sketh an lukisannya, tapi hasilnya nunggu dua mingguan supaya kering dulu…

      He he he… cerito Propocitronya sangat menawan hati, di tulis oleh seorang pujangga jawa pada abad ke-16 an, menceritakan seorang pemuda yang sedang jatuh cinta pada si Roro Mendut, dan keduanya saling jatuh hati… ending ceritanya mirip cerita Romeo dan Juliet😉 …

      Salam lukisan hati,

      Dewi

  3. Anom Roso said:

    Mbak Dewi,

    Kula badhe ngrembag bab penulisan basa jawa lan maknanipun,,, kalau boleh saya mau diskusi tentang makna kata dalam puisi di atas,,,,,, supaya kita tahu arti dan tidak hanya “terjebak” dengan “mengumpulkan” kata2 indah,,, tetapi ada pergeseran makna…… maaf kalau membuat anda tidak nyaman, mboten nopo2 to mbak?…

    Nalikaning gagrak rahina,
    Lumaku semilir sang hyang samirana,
    Kanti semsem asmara ening,
    Kasiliring lakuning sang chandra kartika,
    Medal maringi sasi sewelas,……..

    Nalikaning gagrak rahina,….. saya coba menganalisa…. mungkin yg dimaksud adalah “gagat” bukan “gagrag”… karena kata “gagat rahina” bermakna = pagi hari (bhs Jw= esuk umun2)…… setelah matahari baru saja akan terbit…… sedangkan kata “gagrak” bermakna “gaya” “style” yang menggambarkan ciri khusus kedaerahan (primordial)… seperti ,,,, gagrak Solo, gagrak Yogya,,, gagrak jawatimuran dsb…..

    Kanti semsem asmara ening….. kalau kalimat ini makna jelas….. cuma penulisannya yang kurang tepat…. harusnya kata “kanti” ditulis “kanthi” ,,,, yang berarti “dengan”…… karena pengucapan aksentuasi dalam bhs Jawa memang agak sulit,,,,,,, ini sangat penting dalam bahasa tulisan,,,,,, sebagai contoh kalau akan menulis pasir dalam bahasa jawa,,,, harus ditulis “wedhi”,,,,, tapi kalau akan menulis kata “takut”,,, harus ditulis “wedi”…… maaf kalau kurang berkenan….. setahu saya kata “kanti” tidak ada dalam kosakata bahasa Jawa…….. kecuali mungkin nama “sesuatu”…… jadi setahu saya tetep “kanthi”,,,,,

    Kasiliring lakuning sang chandra kartika,…… kalimat itu secara penulisan tidak ada yang salah….. (hanya kata “chandra” cukup ditulis “candra” saja)…….. tetapi secara maknawi kurang bisa dipahami…….. dari awal puisi…… menceritakan suatu waktu diawal pagi……… sedangkan pada baris itu tertulis “Kasiliring lakuning lakuning sang chandra kartika”…… di sini kurang memperhitungkan “logika fakta”…… kata candra = rembulan……. kartika = bintang…….. faktanya,,,,,, di pagi hari kita semua tahu bahwa sudah tidak ada rembulan dan bintang (walaupun ada bintangpun itu sebuah perkecualian)….. artinya kita harus memperhitungkan “nalar / logika fakta”…… maka di awal tadi saya menulis,,,,,,, supaya kita tidak terjebak dalam hanya sekedar “mengumpulkan” kata2 indah…. tetapi secara “maknawi” justru dikesampingkan…….

    begitulah kira2 mbak Dewi,,,,,,, se- x lagi maaf sekali jika tulisan saya ini justru membuat anda menjadi tidak enak hati………. tidak ada niat sedikitpun saya untuk hanya mencari2 kesalahan,,,,,,,,,,, saya hanya ingin kita belajar budaya kita sendiri sampai ke “sari-sari”nya,,,,,,,,,

    kata “kasiliring” itupun kurang tepat penempatannya…… kata kasiliring hanya digunakan untuk menjelaskan bahwa kita “tertiup” angin….. contoh = “kasiliring samirnana”…… maka kalau kita kena angin akan terasa “silir” ,,,,, seger…… (kasiliring=dari kata silir)……. kalau untuk menggambarkan kita melihat / merasakan rembulan / bintang ….. bisa memakai kata “kinayoman / kayoman / kaprabawan dsb…….. kinayoman = terlindungi / merasa nyaman…. kaprabawan = terbuai……… kata “kasiliring lumakuning” juga terasa “ambigu” karena ada dua akhiran “ing” yang berdekatan…….. kalau saya bolah usul…….. bisa diganti dengan…… ‘KAPRABAWAN / KINAYOMAN LAKUNING CANDRA LAN KARTIKA”……

    Medal maringi sasi sewelas,
    Sawiji nemahi wukune Bala,
    Mijil jabang kanti waluya jati,
    Klawan marsudi hayu budi,
    Akarya senseming nala,
    Suka basukining para wardaya,
    Jumbuhing budi rasa,
    Gumebyar puji pangestuti marang Gusti,

    Medal maringi sasi sewelas,…… harusnya ditulis “marengi” yang berarti “bersamaan dengan (waktu)”…… kalau kata “maringi” berarti “memberi”

    Mijil jabang kanti waluya jati,…. yang ini pasti harus diubah….. (kanti=kanthi)

    Akarya senseming nala,….. harusnya ditulis “sengseming”…… sengsem= bahagia

    Suka basukining para wardaya,…… kata “para” yang bermaksud “jamak” / atau orang banyak,,,,,, mnrt saya kurang tepat…….. cukup ditulis “SUKA BASUKINING WARDAYA”……. yang berhati “membuat senang hati”…… kalau pakai kata “para”,,,,, bukan berarti salah….. cuma jd aneh,,,,, karena nanti jd berarti “MEMBUAT SENANG PARA HATI”…..

    Mungkin maksudnya membuat senang para hati….. itu tidak salah…… hanya tidak “lazim”…… untuk sebuah “teori” membuat puisi,,,,, JANGAN SEKALI-KALI MEMAKAI KATA YANG “MENGEJUTKAN” TETAPI MEMBUAT ORANG JADI BERPIKIR LEBIH…. APALAGI DENGAN ARTI YANG BISA DITAFSIRKAN BERMACAM-MACAM…… PILILAH KATA YANG “MENGEJUTKAN” TETAPI LANGSUNG “MENOHOK” HATI PENDENGAR….. WALAUPUN ITU KATA YANG “ASING” SEKALIPUN…….. itu ilmu yang saya tahu mbak……. jadi bukan masalah “benar dan salah” tetapi masalah “enak dan tidak enak”…..

    Mugi2 karenan… salam geguritan jawa…. maturnuwun.

    Nalikaning gagat rahina,

    Lumaku semilir sang hyang samirana,

    Kanthi sengsem asmara ening,

    Kinayoman lakuning candra lan kartika,

    Medal marengi sasi sewelas,

    Sawiji nemahi wukune Bala,

    Mijil jabang kanti waluya jati,

    Klawan marsudi hayu budi,

    Akarya sengseming nala,

    Suka basukining wardaya,

    Jumbuhing budi rasa,

    Gumebyar puji pangestuti marang Gusti,

    DEWI MURNI sinebat asma

    Saking Biyung lan Bapa,

    Tetenger ngupadi arca padha,

    Tutwuri gegayuhan lan dedonga,

    Dadi titahing ngalam donya,

    Kanthi alandhesan budi suci,

    Manembah mring ngarsaning Gusti,

    Asih tresna sasami,

    Iku kang dadi tandang tumitah,

    Saguh ing sabarang daya lan karya,

    Sareh marang samubarang titah.

    Matursembah Nuwun

    ~Salam Katresnan~

    • Anom Roso said:

      Gumebyar puji pangestuti marang Gusti,
      DEWI MURNI sinebat asma
      Saking Biyung lan Bapa,
      Tetenger ngupadi arca padha,
      Tutwuri gegayuhan lan dedonga,
      Dadi titahing ngalam donya,
      Kanthi alandhesan budi suci,
      Manembah mring ngarsaning Gusti,
      Asih tresna sasami,
      Iku kang dadi tandang tumitah,
      Saguh ing sabarang daya lan karya,
      Sareh marang samubarang titah.

      Gumebyar puji pangestuti marang Gusti,….. kalau boleh saya meneruskan diskusinya……. kata “gumebyar” setahu saya diperuntukkan untuk menggambar “sinar yang terang”….. walaupun dalam bahasa puisi sangat diperbolehkan memakai kata apapun,,,, tapi tetap kembali lagi ke “rasa bahasa”…… kecuali kalau memang sudah tidak ada kata yang mewakili…….. lebih baik menggunakan kata yang lain…… lalu kata “puji pangestuti”….. kalau kata “puji” oke tidak masalah….. tapi kata “pangestuti” itu berarti “restu” itu bahasa pedhalangan…… masak kita mau memberi “restu” kepada Tuhan ?……. lebih baik menggunakan kata “puji pandonga” ‘puji pangesthi”…. “puji sesanti” dll…

    • sabdadewi said:

      @ Anom Roso,

      Maturnuwun sanget pak Anom Roso, Terima kasih atas perhatiannya, koreksinya dan pencerahannya. Saya masih belajar membuat/ mencerna kata-kata puisi dan geguritan dalam bahasa jawa. Dan saya sangat surprised sekali ada yang bisa dengan detil menjelenterahkan semua arti dan maknanya.

      Ingin rasanya saya mengedit beberapa kata pada puisinya tetapi tidak saya lakukan, semoga njenengan berkenan, karena saya pikir ini akan bisa menjadi pembandingan atau pembelajaran bagi yang suka puisi dan geguritan, menjadi lebih cerdas dan kreatif karena ada dua versi penulisan puisinya: versi aslinya dan versi njenengan🙂

      Puisi yang di atas biarlah ia tetap di sana, karena ia menyimpan kenangan sebuah cerita yang hanya penulisnya saja yang tahu😉 …

      Salam rahayu,

      Dewi

  4. like this….. maknawi

  5. saat baca halaman ini, kok terasa jadi senyam senyum tentang kisah mbak Dewi yang ayu ini… senyuman lukisan coretan tangan oleh seseorang itu memang mengesakan mbakyu Dewi yang ayu, dan membuat saya tersenyum.. entah karena apa saya menjadi tersenyum? mungkin sya sering berlatih kesaktian membuat saya senyam senyum ini

    • @ Senyum,

      Terima kasih atas perhatiannya, lukisan di atas memang sangat menawan dan klasik, sayapun sangat mengaguminya, bahkan saya sudah menuliskan kronologi ceritanya beberapa waktu lalu, sayangnya pada waktu itu notebook saya terserang hardisc error sehingga harus di install ulang windowsnya, semua tulisan yang saya tulis di microsoft word pun ikut hilang melayang…

      Saya senang jika njenengan bisa menikmati dan tersenyam-senyum melihat lukisan di atas, terima kasih atas apresiasinya🙂 …

      Salam manis,

      Dewi

  6. piye toh mbakyu? tapi ora opo mung urusan sepele mengarang ora usah dipikir lah wong wis dadi siji nang pikiran… sing penting lukisan isih tetap eksis yo, kok saya jadi pengen senyam senyum sendirian ya lihat lukisan itu? waduh mbakyu kok saya jadi begini, mungkin salah latihan menggerakkan urat2 di wajah saya dan bibir saya yang tidak sinkron, mungkin hati saya tidak sesuai dengan mimik BIBIR saya saat olah kesaktian mbakyu Dewi yang ayu? mohon saya dikasih petunjuknya mbakyu, namanya saja wong lagi latihan boleh salah boleh benar toh mbakyu?

    salam tanda petik saja ya mbakyu Dewi yang ayu, soalnya kasihan yang pada ngintip nanti pada ngiri sambil ileran

    Replay:

    Wong yen lagi gandrung ra perduli mbledose gunung, wong yen lagi nyenengi ra perduli dunyo inflasi, wong yen lagi duwe pikiran ra perduli iri ngileran:mrgreen:

    • kisah setelah dari L A adalah kenangan yg soo sweet yo mbakyu. mengko yen ono sing intip2 ben podho ngiler yo mbakyu… yo podho gek ndang di elap iler e ngono yo…..

    • Masih ingatkah Mbakyu Dewi yang ayu, saat kita ke restaurant Cardone’s dan bar di ohio, saat itu kita sedang mencari kehangatan dan ternyata kita jadi mabuk berdua sepulangnya dari sana? memory yang indah bukan mbakyu Dewi yang ayu? dan selanjutnya lebih indah lagi bukan mbakyu Dewi yang ayu…

  7. wis yo mbakyu Dewi sing ayu, pancen wong wis ora duwe ati ora duwe isin kepingin weruh wae, wong kate nyambung katresnan podho intip2 wae, yo wis ben wae podho ileran…

    • lah piye toh mbakyu Dewi sing ayu dhewe, wong lagi nyambung katresnan kok disawang kepingin weruh, banjur ngiler? opo ora ono penggawean liyane nopo yo ning negara maju? ono2 wae ndonyo iki yo mbakyu, ngono jarene wong maju toh mbakyu? wong maju atine mundur koyo undur2… pikiran lan atine soyo suwe soyo ajur

      Replay:

      Soyo ajur koyo jujur kacang ijo roso kojur😉 …

    • @ Senyum,

      Nuwun sewu, niki sinten nggih?… kulo dereng nate lumampah ten tlatah Amerika, LA meniko Los Angeles nopo Lamongan Asli?… yen ten lamongan ameriki mboten enten bar, sing kathah tambak, sanes tambak tuwak lho… he he he…

      Bab meditasi, njenengan sajak`ipun ‘mastermise’… sampun menguasai nganti saget ‘rogo sukmo’… mengko gek sing di terawang meniko ‘dewi’ liyane, sanes dewi kulo… he he he…

      Maturnuwun, jian gojekanne nganti sundul wiyati, ning wadag`e nggih tetep ten bumi😉 …

      Salam senyum,

      Dewi

  8. mbakyu Dewi ingkang ayu piyambak, kulo saged rogosukmo kangge special edition tiang2 alus, maksudipun kangge ngrogosukmo tiang2 ayu, yen tiang ayu gampil di rogosukmo yen mboten ayu kulo dereng saged mbakyu Dewi ingkang ayu

    Replay:

    Limit edition ni yee😉 …

    • inggih mbakyu Dewi ingkang ayu ilmu spesial pake telor yen kirang nambah telor maleh…mboten buka kolor loh mbakyu Dewi

      Replay:

      Kayak acara mr.tukul saja, ntar jadi kolor-full lho😉 …

      • special telor said:

        BELAJAR DARI TELUR

        Jika sebuah telur dipecahkan oleh
        kekuatan dari luar,maka kehidupan
        didalam telur akan berakhir….

        Tapi…
        Jika sebuah telur dipecahkan oleh
        kekuatan dari dalam,maka kehidupan
        baru telah lahir…

        hal-hal besar selalu dimulai dari dalam.

        WASPADALAH!

        Replay:

        Sesama pemilik telur, hendaknya di larang saling mendahului:mrgreen:

      • mantap wejanganipun, eling lan waspada nggih, dan juga telor akan tak ada bila tanpa induknya telor maksudnya penyebab terjadinya telor itu adanya darimana

      • @ ST (special Telor),

        Maturnuwun pencerahanipun, kalau bicara telor selalu tak lepas dari induknya telor atau ayam, jawabannya adalah duluan mana telor sama ayam?😉 …

        Salam senyum,

        Dewi

      • ya tentu duluan sosis ayam mbakyu

        Replay:

        Jaman purba rung ono sosis, pabrik`e rung di bangun:mrgreen:

  9. katresnan pakenya bahasa jawa..ga mudeng uy apa artinya
    syairnya pastilah indah
    seindah namaku su tris na
    su itu baik tris itu cinta na itu manusia jadi manusia baik penuh dengan cinta…….
    rumah mayamu bagus sekali dewi indah buangeddd…bisaan euy…
    wajar biasanya saya pake hp jadul sekarang pake komputer jadul p4 rada mendingan jadi bisa lihat rumah sabdadewi full view hehe
    seindah ini..bisaan euy…
    kasmaran jati
    dari relung yang tertinggi
    mentes melebihi murninya air mata
    beningnya sehingga tak nampak hanya bercahaya
    jika disentuh seluruh jiwa akan menggelora
    merasakan kemurnian makna cinta
    cinta itu jahat
    yang bisa menusuk ulu hati hingga sakitnya tak terperihkan
    yang selalu menancap bak duri walau duri itu telah tiada
    cinta memang sungguh anugrah dan menyakitkan
    dengan cinta gunung mampu diruntuhkan
    cinta adalah falsafah diam yang terindah yang mewakili HATI…
    ombak yang menggulung mendebur menghantam karang yang tinggi
    tak seganas cinta jika dihantam
    luluhlah dirimu
    hancurlah dirimu
    berteriak namun tak bersuara….
    hahahaha
    wacaawwww
    peace peace…

    Replay:

    Berteriak namun tak bersuara… hmmm, wow dahsyat!😉 …

    • @ Raja Pandhita,

      Sugeng dalu bang RP, maturnuwun kiriman puisi curahan hatinya… ngomongin cinta memang tak akan ada habisnya, betapapun ia di bingkai dan di kemas, cinta adalah tetap cinta🙂 …

      Katresnan itu artinya apa?… dari kata trisna yang artinya cinta, katrisnan berarti juga cinta kasih atau kasih sayang…

      Oh ya, ini saya kirimin koleksi puisinya kanjeng romo Khalil Gibran buat bang RP, Ki Senyum and All…

      Apabila cinta memberi isyarat kepadamu, ikutilah dia,

      Walau jalannya sukar dan curam.

      Dan pabila sayapnya memelukmu menyerahlah kepadanya.

      Walau pedang tersembunyi di antara ujung-ujung sayapnya bisa melukaimu.

      Dan kalau dia bicara padamu percayalah padanya.

      Walau suaranya bisa membuyarkan mimpi-mimpimu bagai angin utara mengobrak-abrik taman.

      Karena sebagaimana cinta memahkotai engkau, demikian pula dia

      kan menyalibmu.

      …………………………………………………………………………………….

      Cinta yang Agung adalah

      Adalah ketika kamu menitikkan air mata dan masih peduli terhadapnya..

      Adalah ketika dia tidak mempedulikanmu dan kamu masih menunggunya dengan setia..

      Adalah ketika dia mulai mencintai orang lain dan kamu masih bisa tersenyum sembari berkata ‘Aku turut berbahagia untukmu’

      …………………………………………………………………………………….

      Apabila cinta tidak berhasil…bebaskan dirimu…

      Biarkan hatimu kembali melebarkan sayapnya

      dan terbang ke alam bebas lagi ..

      Ingatlah…bahwa kamu mungkin menemukan cinta dan

      kehilangannya..

      tapi..ketika cinta itu mati..kamu tidak perlu mati

      bersamanya…

      ………………………………………………………………………………………….

      Cinta tak memberikan apa-apa kecuali dirinya sendiri dan tiada mengambil apa pun kecuali dari dirinya sendiri. Cinta tiada memiliki, pun tiada ingin dimiliki, Karena cinta telah cukup bagi cinta🙂 …

      Salam sutrisna,

      Dewi

      • kenapa namaku jadi raden? Bukan aku aku karena aku sendiri tidak tau,tapi jika ada 4 atau 5 sesepuh yg sepuh atau bahkan dia memanggil leluhurnya mereka senantiasa sembah sungkem sambil tangan sembah bilang ” sampurasun raden” akupun terpaksa menjawab ” rampes” yang dari banten atau 3 putri ternama yakni nawangwulan,ningrum dan kencanawungu semua sambil tersipu sembah sungkem ” aduh raden sampurasun ” aku geli juga,aku candain mereka ” mau ga ratu nikah sama aku” walaupun gajelas mereka beneran ratu atau jin? Mereka tambah tersipu, smakin mereka memandangku mereka semakin menutup wajahnya ” oh silauu “..aku ketawa geli. Ada ada saja. Cinta. Dmanakah cinta,saking terhanyutnya dgn kisah cinta antara siwa dan sati mata ini tetap terjaga nonton film mahadev 8jam nonstop,wow. Kisah syarat kasih yg begitu dalam. Walau siwa sudah berkata aku tidak perlu apa apa aku sudah lengkap ” SAMPURNO ” ternyata mahadew bth cinta. Cinta mendekati memaksa secara halus. Ow indahnya jika berjumpa dgn sang cinta sejati..

      • @ Raden,

        Di awal bulan juni
        Dinginnya tanpa sisi
        Ketika rindu datang mendera
        Mengharap-harap kedatangan
        Sang kekasih hati😉 …

        Ehmmm… ada yang lagi PDKT tuh, tapi tetap waspada, jangan terlalu berharap kawan. Slow down baby…. Jodoh gak kemana kok. Sebelum masuk ke jenjang selanjutnya lebih baik diet jiwa dan raga dulu deh biar sang pujaan makin naksir sama akang🙂 …

        Salam juni,

        Dewi

  10. Lagi adem, numpang ngiyup lan kemulan nggih mbakyu….

    • @ Senyum,

      Monggo Ki dipun sekecak`aken, musim hujan adem-adem gini memang enaknya ya meresapi lagu kangen-kangenan😉 …

      Maturnuwun kiriman videonya, saya juga suka sekali seni kesenian rakyat ini, apalagi tayub godril🙂 …

      Melihat waranggononya yang tidak saja cantik, namun juga luwes menari dan pandai menyanyi, boleh dikatakan sekalipun kelihatannya udik dan terpelosok, tetapi sebenarnya kesenian tayub banyak di suka tua dan muda, pria maupun wanita. Mungkin ada baiknya nanti juga harus ada waranggono pria yang bisa menemani wanitanya menari, sehingga para mbak2/ ibu2 yang ingin menari tak harus menjadi pria, tetapi bisa menjadi diri sendiri🙂 …

      Nah, kalau kesenian tayub ini lebih di sosialisasikan dan mendapatkan apresiasi yang luas dari masyarakatnya, maka bukan tidak mungkin nanti akan ada ‘demand’ atau permintaan pria penghibur profesional (waranggono pria) lebih banyak lagi, biar bisa balance antara energi Yin and Yang mekaten😉 …

      Salam tayub,

      Dewi

      • iya iya mbakyu… enak banget mantap surantap, pas lagi ngiyup eh tuan dan nyonya rumah lagi nanggap tayup… matur suwun nggih mbakyu atas sepisss yang memuaskan di pendoponya… setelah itu tuan dan nyonya rumah… kelonan deh… yang numpang ngiyup kelonan sama ditemani roti singkong lan kopi pahit kesukaan yang siap diuyup… hmmmm uenaaakkk… hahahaha

        Replay:

        hmmm… kelihatannya memang enak😉 …

  11. garengpung said:

    Numpang mampir sakwetawis..
    Rahayu..

  12. mbakyu Dewi,
    Nyuwun sewu, kok kulo kangen kepingin nyawang lukisan, sopo sih cah ayu kuwi mbakyu, model kembenan wong jowo, praenipun wis ayu lan ora bosen disawang lan agawe mbrebes mili.. seperti monalisa dengan senyum misteriusnya.. plus plus diiringi kalean pagelaran tayubipun… waahh sakwise niku kok kulo dados ayem nggih, matur suwun sampun nyediaake fasilitas PENDOPO yang serba BISA ini…..hihihi

    • @ Senyum,

      Maturnuwun sapaannya, ngapunten telat mangsuli, sak meniko kulo lagi ten planet bulan lagi mbangun sari😉 …

      Di planet bulan keadaannya lagi bergejolak tidak menentu, yang kesemuanya itu juga membawa perubahan terutama pada psikis saya yang tidak hanya lagi sensitive tetapi juga kecapekan fisik akibat nyeri yang luar biasa, karena sang rembulan lagi dalam rangka membangun taman sari bunga, sebuah intisari kehidupan😉 …

      Ehmm, tentang potret itu… sebenarnya saya juga pangling dan terkadang bertanya… siapakah gerangan wong ayu itu… yang dilukis raga saya tapi kok yang tampil auranya seperti orang lain ya?🙂 ….

      Salam misteri,

      Dewi

      • Dear mbakyu Dewi,
        Iya mbakyu… jamannya mbangun sari ora bisa diganggu gugat… sampun wancine.. wis melu ngeterke wae.. yen ono perlu opo2 yo gek ndang diomongke… sopo ngerti kulo saget ngrewangi… ben nambah semerbak mewangi sari panguripane kuwi.. 🙂..

        Nah yen disawang, memang lukisan itu mengandung banyak makna dan misteri… hmmm dilihat coretannya itu si pelukis itu daya khayalnya tinggi, walau akhirnya hasil lukisannya menjadi aura orang lain hihihi, piye toh nglukise nggih kok aurane bisa berubah? mungkin saat nglukis tangan sang pelukis nggreweli apa karena grogi atau mungkin belum makan atau kebanyakan pekerjaan melukis hingga daya khayalnya tidak fokus untuk menangkap aura yang dilukis… mbuh ya.. ora weruh wis . .🙂..

      • @ Senyum,

        Maturnuwun pengertiannya dan juga… kasih sayangnya🙂 …

        Nah, itulah kelebihan njenengan, mampu menangkap getar-getar signal yang hanya bisa tertangkap/ terekam oleh cahaya waktu sekalipun. memang benar pelukisnya seorang yang imaginaire, sehingga lukisannya auranya tampak lebih cantik dan klasik🙂 …

        Salam kasih,

        Dewi

      • @ Senyum,

        Ini saya coba cari link R Slamet di mbah google, lukisannya khas sekali, biasanya beliau suka sekali melukis penari bali atau kegiatan pasar tradisional, jarang sekali beliau melukis model yang biasa/ sederhana. untuk melihat koleksi lukisan beliau bisa di lihat disini:

        http://www.tokobagus.com/iklan/lukisan-r-slamet-penari-bali-80cm-x-60cm-25364940.html?related=1

        Salam bagus,

        Dewi

  13. pengunjungsemprul said:

    Buset, nih blog makin ramai dan populer aja. Blog abal2 sepertinya akan segera gulung tikar nih.

    • @ Simbah Sayang,

      Kalau habis di gulung kan bisa di gelar lagi mbah, seperti halnya filosofi jagad gumelar mikro dan makro yang ada pada diri sendiri maupun semesta alam yang bisa kita gulung dan gelar kapanpun kita mau😉 …

      Salam tikar,

      Dewi

  14. Masa itu sudah lewat.. ahh ya sudahlah… lupakan saja…rasa hati ttg suka duka masa lalu telah hilang lenyap ditiup angin… biarlah masa lalu mengelana bebas terbang di atas awan merdeka… merdeka tentukan arah… hati ini tak ada lagi rasa apa2… senang benci rindu hanya selewat saja.. dari ada menjadi nol kembali.. selamat menjalankan hidup dengan cara masing2… i need take rest and i’ll not disturb ur biz anymore, mbendol mburi jgn lakukan… krn ku sdh super bosan dg drama… good good.. ok dearest friends? good good BORN FREE..🙂

    • Good dalu, sugeng night for :
      B.hood Smile, der dew, etc wan.
      He he he
      This is the real vid. n ong.
      I lik it. Apresiated frm ‘kahyangan minded’

      :
      N.1.song
      Sae
      Estu
      Sejatining lelaku watu/rock, jawa tua
      Kotak sign, roads trip/ ‘strip’ sign
      N.2.song
      Roads trip/ ‘strip’ sign too
      He he he pethak kotang Antakusuma ning kidrock/ kerikil/ iki sderek ilmi

      Smile, laughing
      Over all is somebody kid rock/ kerikil / iki sederek ilmi
      He he he pada sederek e, sekawan, broterhoo, ‘brutu’. Sak petarngan beda wektu

      Where a yu.
      Keep Smile 4 u
      Watched sign is…..
      WAsis…hi hi hi hi

      Dew the angle virus ….good minded mine…..Gmm……GM

  15. hadewh,baru tahu aq,waktu kecil pas tukaran karo dulur2q mesti diseneni ortu,ortu bilang jane weki (kowe iki) njowo pora nek kuwi dulurmu,hadewh2 njowo=ngerti😀 nopo mekaten tow?
    Salam seduluran saking kota bayu🙂

  16. Kang Suara lan kang Indols… salam paseduluran sedoyo… aku ora iso ngopo2… … wis dadine yo ngono kuwi, asline ora weruh.. langsung ketak ketik otomatis, menawi pener niku loh mbok menawi ingkang kagunan kersa lan mampir kiyambak2 niku, bludhas bludhus, jewar jewer, jiwat jiwit… wis mboh kang… kwkwkwkw🙂

    • Kagm kang smile
      Ingih menika kalinuwihan njenengan.wujud tresnaning leluhuripun njenengan marang njenengan
      Ditampi mawon, dinikmati.
      Mengalir n enjoy aja
      Keep smile forever.

  17. Dear mbakyukyu,
    Atur katresnan kagem sedulur sederek sedoyo,

    Salam asah asih asuh🙂

  18. Maaf, mbah Nduk, numpang link

    https://dongengbudaya.wordpress.com/2014/08/26/panduan-blog/

    wuih, capek nulisnya. ndak bakat jadi guru.

    • Sugeng siang sore @ Simbah,

      Maturnuwun perhatiannya, sungguh sangat berharga panduan dan bimbingan simbah, saya akan coba membenahi dan meyusun artikel2 yang telah kepenuhan dan selalu tertumpuk dengan yang lainnya🙂 …

      Duh, simbah sampai keringatan, ini silahkan di minum tehnya mbah…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s