Meditasi Garbha

Meditasi Garbha Cosmic

Ada informasi yang sangat menarik dari buku yang saya baca, mengenai meditasi kecantikan khusus untuk wanita dari Bpk D. Mahendra . Saya tuliskan di sini, mudah-mudahan bermanfaat 🙂 …

Meditasi ini mempunyai arti memadukan kekuatan rahim dengan kekuatan alam semesta. Rahim mempunyai energi yang sangat tinggi yang dimiliki kaum wanita, untuk itulah meditasi ini khusus untuk wanita (inner beauty). tidak banyak wanita yang mengetahui dirinya mempunyai kekuatan pada rahimnya. coba kita berpikir, ketika seorang wanita hamil energinya mampu membuat janin yang ada di dalam rahim tumbuh dan berkembang.

Energi dari pikiran, makanan, udara, air, cahaya matahari, semua diolah dari rahim tanpa kita sadari. Bahkan wanita yang sedang hamil terkadang memiliki intuisi yang tajam sehingga menjadikan dirinya mengetahui getaran2 energi dari alam dan manusia. Wanita yang sedang hamil memiliki satu tubuh dua jiwa. Jiwa sang ibu dan anaknya.

itulah alasannya kenapa berbagai macam budaya di indonesia wanita yang sedang hamil mempunyai banyak aturan, seperti tidak boleh duduk di depan pintu, melewati kuburan dll. hal ini hanyalah untuk menanamkan nilai pendidikan, agar lebih hati-hati dalam keadaan hamil.

Ada kisah sejarah mengenai Ken Dedes seorang putri yang mempunyai wajah cantik…, anak Mpu Purwa yang dipersunting oleh Raja Tunggul Ametung.

Pada suatu hari Ken Arok yang menjadi abdi kerajaan melihat ken dedes turun dari kereta kencananya. Betapa kagetnya ken arok melihat cahaya (aura) yang keluar dari pangkal pahanya ken dedes yang diselimuti oleh kain. Sejak saat itu setiap malam ken arok memikirkan arti dari pengelihatan tsb, Di suatu malam pergilah ken arok menemui seorang Mpu tentang kejadian yang dia lihat.

Lalu sang mpu mengatakan bahwa ken dedes adalah seorang “Prandyaswari” yang memiliki keutamaan, kelak pria siapapun yang mampu meminang menjadikan istri maka dia akan menjadi raja. Ken arok yang sejak dulu memang ingin menjadi raja, kemudian dengan segala intriknya berusaha merebut ken dedes dari tangan Tunggul Ametung.

Dari rahimnya ken dedes maka lahirlah Raja-Raja Jawa, dan Ken Dedes tetap menjadi rebutan pada zaman itu…

Dari cerita itu, kita dapat mengambil kesimpulan, bahwa rahim memiliki kekuatan serta energi yang kuat sehingga mampu mengeluarkan aura. Kekuatan meditasi garbha cosmic terletak pada perpaduan antara kekuatan rahim dan kekuatan alam yang diserap pada saat meditasi.

Ketujuh chakra yang terletak pada tulang belakang akan mengantar energi ini ke seluruh tubuh dan wajah. Meditasi garbha cosmic adalah suatu cara untuk mendapatkan energi baru dalam tubuh melalui konsentrasi, serta relaksasi sehingga pikiran benar2 mendapat ketenangan. Meditasi ini pun membuat kita menjadi magnetis, menarik bagi seorang yang membangkitkan aura kecantikan. Dengan melakukan meditasi ini orang tertarik pada kita untuk mendapatkan bimbingan, penerangan, kasih dan energi. Selain itu juga dapat menyembuhkan sebagaian besar penyakit kronis, karena meditasi erat hubunganya dengan jiwa.

Meditasi ini adalah meditasi kembali pada rahim sang ibu, semua berasal dari rahim yang gelap dan sunyi namun di balik itu ada kehidupan. Berasal dari rahim sang ibu, dilahirkan pada rahim alam semesta dan akan kembali pada rahim bumi.

“Meditasi garbha cosmic membuat kita mengenal diri pribadi yang dipenuhi oleh energi dan aura spiritual sendiri, sunyi, diam dalam kedamaian seperti berada pada rahim sang ibu yang penuh dengan cinta”…

Meditasi ini mengajak anda untuk merasakan fenomena baru dalam kehidupan yang bermula dari sebuah rahim. Diam dalam kekosongan , dan dengan diam muncullah kekuatan (silent power).

images (13)

Cara Berlatih Meditasi Garbha Cosmic

  1. Duduklah bersila dengan santai dan rileks sesuai kebiasaan atau duduk di kursipun boleh, asal nyaman. Usahakan punggung sedikit tegak agar terasa lebih nyaman.

2. Tarulah tangan anda pada pangkuan saling menumpuk, tangan kiri atau kanan diatas atau dibawah tidak masalah yang penting rileks dan nyaman.

3. Kontrollah tangan, punggung dan leher anda, pastikan rileks agar meditasi anda berjalan dengan baik.

4. Tariklah nafas melalui hidung dengan santai lalu keluarkan melalui mulut, lakukan sampai 3x putaran.

5. Biarkan mata terbuka dan usahakan jangan berkedip lalu hitung dalam hati sampai hitungan kesepuluh barulah tutup mata dengan perlahan2. Jangan menutup mata tergesa2, semakin anda rileks, maka pikiran akan semakin gampang di arahkan. Kegagalan seorang meditator sering bermula dari cara menutup mata. Bila mata masih tegang maka meditasi akan terasa tidak nyaman.

6. Rasakan mata anda yang tertutup semakin santai…rileks…nyaman…mungkin mata akan terasa berat dan mengantuk biarkan saja, tugas anda hanya merasakan saja.

7. Biarkan napas mengalir dengan alami. Jangan berusaha menahan, menghembuskan atau menarik napas. Biarkan berjalan dengan biasa saja. Dan ingat jangan menggerak-nggerakkkan tubuh dengan sengaja.

8. Pikiran tentu sangat kacau, berbagai bayangan/ingatan akan muncul pada pikiran. Tugas anda adalah membiarkan pikiran apapun yang dipikirkan,amati saja. Tugas anda hanya duduk,diam dan merasakan sensasi pada pikiran. Dengan cara membiarkan pikiran berlalu begitu saja,maka pikiran akan mencari keseimbangannya sendiri.

9. Jangan memaksakan untuk berkonsentrasi atau bervisualisasi. Cukup biarkan… lepaskan… dan nikmati, gejala seperti ini akan berlangsung kurang lebih lima menit.

10. Bila perasaan,hati dan tubuh terasa hangat, dingin, bergerak atau anda tidak merasa apa-apa biarkan saja. Rileks dan diamlah…

11. Bila pikiran atau tubuh terasa sulit diam,ulangi langkah nomor 5 dimulai dengan cara menutup mata secara rileks.

12. Ketika mau mengakhiri meditasi letakkan/tempelkan ‘telapak tangan kiri anda pada pusar’ dan ‘tangan kanan pada dahi’ secara bersamaan. Rasakan energi yang mengalir dari tangan kiri ke rahim, dari tangan kanan ke dahi. Mungkin panas,hangat atau tidak terasa apa2 cukup rasakan saja selama kurang lebih 30 detik.

13. Jangan salah dalam meletakkan telapak tangan atau terbalik, karena inilah rahasia dari meditasi ‘Garbha Cosmic’. Menempelkan tangan kiri pada pusar mempunyai maksud menyeimbangkan energi pada belahan otak dan tubuh bagian kanan, sedangkan tangan kanan pada dahi menyeimbangkan energi belahan otak dan tubuh bagian kiri.

14. Akhiri meditasi dengan menarik nafas dari hidung dan mengeluarkan dari mulut satu kali putaran saja. lalu bukalah mata secara perlahan-lahan… Meditasi anda selesai. Luruskan kaki, gerakkan tangan dan leher bila terasa kaku.

*) Lakukan meditasi ini kurang lebih 15 menit selama sebulan dan tingkatkan setelah bulan ke-2 menjadi 30 menit.

Selamat mencoba 🙂

~Pamuji Garbha Rahayu~

***

Advertisements

6 thoughts on “Meditasi Garbha”

  1. gunawan eka putra said:

    Garbha itu gerbang yah?

    Garbhagriha (bahasa Sansekerta: गर्भगॄह, garbhagṛha) adalah bilik yang paling dikeramatkan di dalam sebuah Mandir (pura, kuil, atau tempat peribadatan agama Hindu), tempat persemayaman murti (patung atau lambang) dari dewa utama kuil itu. Secara harfiah garbhagriha berarti “bilik rahim”, dari kata Sansekerta garbha yang berarti rahim and gṛha yang berarti rumah. Hanya para pendeta atau pemimpin upacara pemujaan (pujari) yang dibenarkan memasuki bilik ini.

    Meskipun kerap dikaitkan dengan kuil Hindu, garbhagriha juga terdapat dalam kuil-kuil Jaina dan Buddha.

    Ulasannya keren terkait hal ini…

    Memang sy pernah dengar tingkatan meditasi hanyalah seorang wanita yg akan mampu mencapai kekuatan dalam meditasi tersebut, bukanlah pria, karena hanya wanita yg memiliki, yeh nyom, lamad, getih, dsb, sedangkan pria g punya yeh nyom atau air ketuban… Yah balik lagi g punya gerbang atau garbha…. Hikz….. Hebat kaum wanita memiliki kemampuan lebih dalam spirit meditasi

    • Sugeng siang blih Gunawan,

      Garbha itu taman surga, tempat cikal bakal kehidupan manusia di bentuk. ia juga menjadi tempat favorit para pertapa 😉 …

      Tidak apa, laki2 mencoba meditasi ini, kan baik laki maupun perempuan dulu juga pernah ‘bertapa’ di situ selama 9 bulan, masak lupa?! 🙂 …

      Garbha itu bhs jawa kuno, kalau rahim itu bhs arab, bhs inggrisnya womb.

      Rahayu ❤

  2. deka dharmayana said:

    saat mulai, posisi tangan kanan “harus” berada diatas tangan kiri, kemudian kedua jempol bertemu, posisikan bentuk itu tepat didepan pusar…ini afalah bentuk lingkaran energy prana(nafas) dalam bentuk momentum di area garbha. Pada diakhir meditasi tangan kanan naik ke atas fan tangan kiri langsung menutup pusar.

    Good posting… Jeng Dewi…

    Sebenarnya laki laki juga bisa lakukan meditasi ini, tapi lebih pada solar flexus untuk stamina dan tenaga dalam.

    Kenapa tangan kanan berada pada posisi yg lebih terhormat dari tangan kiri?
    Apakah ini sekedar budaya sopan santun.?

    Disaat kita memberi, juga disaat kita menerima, maka tangan kanan “wajib” ada didepan/atas…

    Ini afalah dialektila energy yg mungkin secara empiris sudah terbukti shg menjadi budaya kita diNusantara bahkan Asia.

    • Wilujeng siang suhu Deka,

      Maturnuwun, iya benar, menurut panggraita saya meditasi ini termasuk ‘infant meditation’ secara memang bagus untuk pria dan wanita, tapi entah mengapa judulnya mengacu pada ‘meditasi rahim’, mungkin sang penulis buku ingin memprioritaskan pada dunia wanita yg di asosiasikan dengan garbha dan kecantikan 🙂 …

      Ketika memangku dua buah tangan posisinya ada di bagian perut tengah, memang bisa diterapkan oleh semua gender, karena baik laki maupun perempuan memiliki ‘pusar’ di perutnya 🙂 …

      Jadi ini sebenarnya ‘meditasi tenaga pusar’ atau ‘meditasi kembali menjadi bayi’ atau apa ya namanya/judulnya yg tepat?? … 😀 … he he he…

  3. deka dharmayana said:

    Semua meditasi arah dasarnya/tujuannya adalah PEMURNIAN…

    Disaat kita mencapai titik ini (sesaat) maka cakra perut(garbha) atau solar flexus terhubung dengan energy cosmic alam semesta, tinggal sekarang mau ngasi judul apa, niat ingsun.nya apa…

    Tapi disaat kita sering pada posisi PEMURNIAN maka otomatis energy yg terbentuk adalah inner beauty. Penggambarannya adalah seperti wajah bayi.. apakah ada wajah bayi yg tidak indah..?

    Kenyataannya, bila sering ber meditasi, maka yg jelas tampak(visual) wajah akan cerah, menarik dan menawan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s