Olah Nafas

Poro sederek ingkang kinasih,

Hanya dalam waktu setengah jam, dengan berfokus pada pernapasan, kita dapat mulai untuk bersantai dan mencairkan suasana ketegangan pada pikiran kita plus melenyapkan energi negatif yang ada dalam diri kita.

Bagaimana meditasi dengan ke’sadar’an yang efektif dapat melawan respon stres pada tubuh? Untuk jenis meditasi ini, kita perlu fokus seperti layaknya sebuah ‘Laser’ pada pernapasan. ketika tubuh kita isi dengan udara, otot-otot kita berkontraksi, itu yang akan  mendorong keluarnya berbagai macam gangguan – seperti gugup, cemas, galau, beraneka ragam rasa sakit baik fisik, hati maupun pikiran. ketika aliran nafas kita mulai bekerja dengan lembut selembut (pernafasan) sutra, kita pun mulai fokus dan relax…

Melakukan meditasi ini secara rutin atau setiap hari, selain bisa mengurangi kelelahan juga bisa mengatasi stress. aliran darah bekerja dengan sangat baik, mengakibatkan supply oksigen ke otak kita menjadi lebih lancar, sehingga membuat kita lebih tajam memorinya, mampu menghalau/ mengikis ion (energi) negatif, senantiasa sehat bugar apapun kondisinya serta awet muda pancaran auranya🙂 …

Meditasi ini tidak perlu dipaksakan dengan posisi tertentu seperti yoga dsb, kita bisa melakukaannya dengan relax dan santai bahkan sambil tiduran sekalipun…

images (31)

Keterangan : Nafas ‘in’ and ‘out’ membuat diafragma kita penuh dengan sirkulasi udara

Metode ini sederhana sekali tetapi sangat efektif :

Inti yang terpenting adalah relax, posisi berdiri, bersila, berbaring atau tiduran, kosongkan pikiran tapi dalam keadaan tetap tersadar, bisa dengan mata terbuka, setengah terbuka atau memejamkan mata…

*(jika sampai tertidur tidak masalah, dan ketika bangun tubuh kita bisa menjadi lebih segar).

Menghirup udara perlahan-lahan lewat hidung, kembangkan perut, dan kempiskan perut, mengeluarkan udara lewat hidung, secara lembut, teratur dan relax dan agak diperlambat. caranya cukup hitung dalam hati :  tarik nafas 4 hitungan, tahan 4 hitungan, keluarkan 4 hitungan, tahan lagi 4 hitungan, ulangi lagi, dst. minimal atau cukup 15 – 25 menit saja.

Lakukanlah sealami mungkin, kita bisa melakukannya kapan saja dan di mana saja. pada saat santai ataupun sedang melakukan aktivitas atau kegiatan. yang terpenting adalah fokus pada ritme aliran keluar-masuk nafas kita.

Semoga sukses dengan latihan Meditasi Pranayama (Olah Nafas Sutra).

images

Rahayu… rahayu… rahayu…

***

16 thoughts on “Olah Nafas”

  1. Dewi…terima kasih. Ini bagus jg waktu mengunci perut. Bisa
    Buat langsing. !hehr

    • Maturnuwun sharingnya Bu Kim sayang❤

      Hmmm, ternyata sering berlatih olah nafas pranayama, itu yang membuat ibu tetep cantik, langsing dan bersinar inner beautynya🙂 …

  2. Dear Dewi… Apa bedanya meditasi dg olah nafas pranayama dg nafas biasa? Apa bener sering meditasi bikin tidur berkurang?

    • Selamat pagi Mbak Gigi,

      Terima kasih, biasanya yang sering meditasi, tak perduli sebentar, tidurnya menjadi berkualitas🙂 …

      Secara umum kita mengenal 4 macam pernapasan : pernafasan dada, perut, pundak dan kombinasi di antaranya.

      Teknik pernapasan dada, dada dikembangkan dan saat menghembuskan napas perut dikempiskan. Tanpa disadari sebenarnya kebanyakan orang bernapas dengan cara seperti ini, hanya saja dilakukan dengan napas secara pendek dan cepat sehingga tidak terkontrol/ tanpa sadar yang pada akhirnya juga mempengaruhi emosi, pikiran dan kesehatan.

      Fungsi pernapasan perut selain menambah oksigen dalam tubuh juga berfungsi untuk memberi pijatan pada organ dalam, sehingga lebih meningkatkan vitalitas dan metabolisme tubuh.

      Bagi yang terbiasa dengan pernapasan dada, mungkin bukan suatu hal yang mudah untuk beralih ke pernapasan diafragma (perut). Walaupun sebenarnya pada saat kita masih bayi sampai menginjak usia sekolah dulu kita sudah menggunakan napas diafragma, tapi karena kebiasaan postur tubuh yang kurang baik mengakibatkan cara bernapas pun berubah.

      Untuk mengembalikan kembali kita bisa berlatih pelan-pelan, bernapas dalam, pelan dan teratur mempengaruhi penampilan, cara berpikir, perasaan, dan tingkah laku. Jika emosi tidak stabil, bete, stress atau apapun yang mengganggu pikiran, cobalah atur napas, dan berusaha untuk merubah postur tubuh menjadi tegak. kita akan lebih mudah mengendalikan emosi.

      Mudah dan murah bukan? Hanya dengan mengatur napas, emosi dan nafsupun terkendali❤

      Salam sutra,

      Dewi

  3. latif caso said:

    Jd teringat kata2 dlm film Maha dewa,klo tdk ada makanan,daun daunan pun jd,klo tdk ada daun daunan airpun jd,klo tdk ada air udara pun jd. Bgtu sederhanakah hidup ini, misteri ini yg bs mnjwb para petapa,ulat dlm kepompong,katak yg terjebak dlm tanah hdup bertahun tahun

  4. Olah nafas sampurna
    :
    Tilem, sare, sleep
    Awalaning ati, fikir sae.

    Sugeng siang pinesepuh sedaya.

  5. setiawan t said:

    mohon diterangkan tentang pernafasan silam ? tks

  6. setiawan t said:

    tks , saya hanya pernah membaca di artikel salah satu olah nafas atau yoga
    . disitu hanya diterangkan seperti pernafasan bayi . Jadi lembut sekali sampai tidak terasa bernafas .

    • Maturnuwun sami-sami sharing lan infonipun🙂 …

      Nuwunsewu, mbok menawi kulo klintu, frekuensi pernafasan bayi tentulah berbeda dengan orang dewasa, umumnya bayi lebih cepat (bisa 50 kali per menit), orang dewasa hanya 18 kali dalam semenitnya, jika mengaplikasikan ‘pernafasan pranayama’ atau pernafasan sutra ini maka olah nafas kita akan semakin lembut dan lebih teratur.

  7. sarjana tanpa wisuda said:

    Saya pernah mencoba olah nafas ini mbak dewi,awal2 jujur iseng2 aja,tapi pas pertama saya lakukan ini kemudian saya tidur,saya bermimpi,saya bersama dengan satu orang china,yg sdh tua,,beliau menggandeng saya,dan saya ditunjukkan sebuah bangunan kuno,didalam suatu perkampungan china,,saya bertanya2,apakah ini leluhur saya?atau hanya mimpi belaka,,,.???
    Rahayu…

    • Sugeng dalu @ mas STW😉 ,

      Emmm, menurut mbah Google, gelagat atau firasat akan dirasakan oleh mereka yang telah bermimpi tentang melihat bangunan rumah tua, biasanya si pemimpi mampu mendeteksi atau memperkirakan apa yang akan terjadi terhadap apa yang dilakukannnya dan pada kehidupannya.

      Rahayu🙂 …

  8. sarjana tanpa wisuda said:

    Sugeng siang Jeng Dewi

    Lalu,pertanyaan saya,apakah olah nafas jg salah satu pembuka dimensi2 yg lain,,,
    Dan maaf sekali lagi,,saya hanya bingung dlm mimpi itu,kakek tua itu berbahasa china,sdgkan saya,jg dpt menimpali apapun kata2nya,padahal di dunia nyata ini,,saya sama sekali tidak mampu berbahasa china,sekalipun saya keturunan…
    Dan terus terang saya masih penasaran dgn siapakah beliau ini…karena didalam mimpi itu hubungan kami sangat dekat,,

    Matur nuwun Jeng Dewi sdh menanggapi…
    Rahayu…

  9. sarjana tanpa wisuda said:

    Sugeng enjing Jeng Dewi

    Banyak trima kasih atas arahan dan tanggapan dari Jeng Dewi..
    Sungguh saya sangat terkesan dengan blog ini,,semoga tambah berkembang terus..

    Rahayu…Rahayu…Rahayu..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s