Tarot Wayang

images (51)oleh ibu Ani Sekarningsih CTGM

Tarot adalah sebuah jalan.

Dengan kartu ini, kita akan di pandu lebih spesifik untuk memahami dan mengenali penciptaan manusia dari wujud api, tanah, air, udara dan ruh jiwa.

Kita kenali pula alam semesta yang mempunyai getar bunyi oktaf kosmis, yang selaras dengan angka-angka bilangan khusus. Walaupun tidak tertangkap oleh pendengaran indrawi, manusia adalah wayang-wayang yang di anugrahi kecerdasan universal. Setiap pribadi yang menginginkan pengetahuan dan kebijaksanaan mestilah menukik ke dalam batinnya, dan mencarinya sendiri.

Tarot mengenal empat warna yang mewakili empat elemen yang menjadi wujud manusia. Dalam hal ini lebih jauh tentang upaya yang di emban oleh falsafah Jawa untuk pengenalan jati diri. Digambarkan anasir bumi berwarna ungu mewakili tanah yang berwujud daging dan kulit, anasir api berwarna merah mewujud dalam darah, anasir air menjadi tulang sumsum, anasir angin berwarna putih yang terdapat pada nafas. Demikian konsep manusia yang di kenal dengan paham ‘sedulur papat kalima pancer’.

minorarcana

Jumlah kesemua kartu ada 78, terdiri dari 22 kartu utama dan 56 kartu minor :

-14 kartu warna kuning ditandai gambar Gada (tongkat ajaib) mewakili unsur api

-14 kartu warna biru dengan gambar Kendi pertolo (piala) mewakili lambang air

-14 kartu warna ungu dengan gambar senjata pasopati mewakili lambang unsur udara

-14 kartu warna hijau dengan gambar Cupu Manik (coin) mewakili unsur tanah

-22 kartu warna hitam pada kedua puluh dua Arkana Utama mewakili ruh jiwa

Arkana Utama- Hitam

Memuat perlambang tingkat perjalanan kejiwaan secara spiritual, yang membawa kita ke dalam bidang-bidang kesadaran tinggi dan menguak lorong-lorong esoteris. Dengan menggunakan Tarot Wayang, sebenarnya kita dipandu untuk memahami jalan pintas pada prinsip dasar seni membaca tarot yang paling sederhana. Apa pun desain kartu yang kelak kita temukan, atau kita miliki, dasar inilah yang akan menjadi kartu gerbangnya. Dengan menguasai prinsip dasar yang sederhana ini dan kita akan bisa menjadi ahli dengan kartu Tarot apa pun.

Tanah -Cupu Manik- Hijau

Manifestasi yang nyata pada setiap peristiwa diawali dalam elemen tanah yang sifatnya pasif dan menunjukkan kegigihan, mengacu pada masalah yang berhubungan dengan struktur bangunan, tanah, agrikultur, tubuh fisik dan kebendaan. Juga reproduksi, kemantapan, rekreasi, sikap menguasai, kaya, kemiskinan dan kerakusan.

Udara -Senjata Pasopati- Ungu

Ide khusus di manifesasikan dalam elemen udara. Teori, logika, abstrak, pikiran, ungkapan seni, studi, mengarang, penerbitan, perjalanan, gangguan kesehatan, kematian, permasalahan, pertikaian, perbedaan, pendapat dan argumentasi.

Air -Kendi Pertolo- Biru

kekuatan akal-budi (mind) bawah sadar terdapat pada elemen air. Penyelarasan dengan hidup. Air mungkin tenang di permukaan , tetapi jauh di bawah sana mungkin ada banyak arus bawah. Perasaan-perasaan dalam kemitraan, cinta, penyembuhan,  perlindungan, kelompok spiritual dan fenomena kegaiban.

Api -Gada- Kuning

Api adalah upah dari kegiatan, permulaan suatu hal. Api memberi panas dan energi. Segala sesuatu yang berhubungan dengan tindakan, olahraga, peperangan, argumen, seks, motivasi diri, semangat dan ilham. Api memperlihatkan kekuatan perjuangan, ekspressi kebebasan dan tantangan pertemuan. Api berhubungan dengan suatu kekuatan tingkat spiritual.

* Perlu sekali dipahami, bahwa Api dan Udara meningkatkan aktivitas karena bersifat menyerang, Air dan tanah bersifat pasif karena hanya menerima.

Sebaliknya api dan air bermusuhan, mereka saling bermusuhan dan menghancurkan satu sama lain. Demikian pula dengan udara dan tanah, keberadaan kedua unsur ini juga saling bertentangan. Namun gabungan elemen-elemen tersebut saling menunjang dan saling melengkapi kekurangan yang ada.

images (53)

Kartu-kartu penunjuk orang adalah gambaran pribadi seseorang atau bisa sebuah pesan.

Kartu Raja dan Ratu berhubungan dengan mereka yang berusia di atas 40-an. Kartu Kesatria merujuk pada sosok di bawah 40 tahun (laki-laki maupun perempuan), kartu Emban menunjukkan orang-orang muda usia 30 tahun ke bawah.

Juga ada kartu-kartu kepribadian dan daftar Horoskop:

ARIES… Dewi Banowati (Ratu Gada)

TAURUS… Prabu Baladewa (Raja Cupu Manik)

GEMINI… Dursasana (Kesatria Pasopati)

CANCER… Dewi Ratih (Ratu Kendi Pertolo)

LEO… Prabu Bomantara (Raja Gada)

VIRGO… Patih Prahasta (Kestria Cupu Manik)

LIBRA… Dewi Srikandi (Ratu Pasopati)

SCORPIO… Prabu Rama (Raja Kendi Pertolo)

SAGITARIUS… Suyudana (Kesatria Gada)

CAPRICORN… Dewi Drupadi (Ratu Cupu Manik)

AQUARIUS… Prabu Pandu Dewanata (Raja Pasopati)

PISCES… Adipati Karna (Kesatria Kendi Pertolo)

images (52)

Pada waktu belajar Tarot yang terpenting adalah memusatkan perhatian dalam mengenali setiap kartu, satu demi satu dan mengamati polanya seperti yang diperlihatkan dan dilukiskan dalam kelompok-kelompok elemen, bila perlu kita bisa bermeditasi terlebih dahulu sebelum memulai kartu Tarot. Berikut tata cara untuk memulai Tarot:

1. Memiliki semangat, menyiapkan tempat, bisa indoor atau outdoor, seperti dalam ruangan atau di taman terbuka, duduk dengan nyaman, santai, diamkan pikiran dengan menutup mata, relax tarik nafas.

2. Menentukan ketegasan tujuan, genggamlah kartu tarot, mengocok kartu, kocok sampai terasa cukup, pastikan pikiran jernih dan hening selama mengocok.

3. Membagi kartu, letakkan kartu menghadap ke bawah di depan anda, menebar kartu, letakkan kartu sesuai tebaran yang kita pilih, cermati kartu, catatlah semua kesan dan reaksi kartu, lalu analisis.

* Hindari membaca tebaran kartu dalam kondisi pikiran kalut dan tidak mampu di heningkan.

images (54)

Special edition

Ibu Ani Sekarningsih CTGM, Pemrakarsa berdirinya club Tarot Indonesia dan beliau adalah “trah kesuma” pertama dari Indonesia yang mendapat anugrah Tarot Grand Master dari American Tarot Asscociation. Adapun karya besar beliau adalah menciptakan kartu Tarot Wayang, berikut buku panduanya dan buku “Bunga Rampai Wacana Tarot”. Yang tujuanya untuk mempermudah bagi siapa saja yang belajar sendiri untuk melakukan pewacanaan Tarot.

Harga kartu Tarot beserta buku panduannya Rp 264.000 – Discount 10% = Rp 237.600

Bisa di peroleh melalui pemesanan terlebih dahulu di toko buku Gramedia Jl. Palmerah Selatan 22-28 Jakarta, Telepon : 021-53650110/11 atau SMS : 081219260574 di hari dan jam kerja : Senin – Jum`at, jam 9 pagi – 3 sore.

Alamat rekening atas nama PT. Elex Media Komputindo dan di fax-kan bukti transfer notanya

images (55)

Setiap kartu Tarot memuat lambang dari perjalanan bintang yang erat sekali hubungannya dengan siklus kehidupan manusia, karena manusia sebagai mikrokosmos merupakan duplikat makrokosmos itu sendiri. Dan kartu-kartu tarot merupakan salah satu sarana visual yang menghubungi pesan-pesan peredaran bintang seseorang yang terjadi ribuan tahun bahkan miliaran tahun cahaya…

Bila suatu ketika anda tersandung peruntungan, yang mengantarkan anda pada berbagai desain kartu Tarot, maka jangan abaikan suara batin Anda yang terdengar sangat lirih itu, karena setiap desain kartu menentukan martabat frekuensi perjalanan spiritual anda😉 …

***

394 thoughts on “Tarot Wayang”

  1. Tambah pinter anak nya bu kim …tp Dewi .. belajar nya susah bu kim pernah belajar kartu tarot jg tp yg gambar dewa2 Yunani ..kartu lintrik .. kartu remi … bu kim bisa .. dulu banget ,,,udh 20 thn lebih ga pegang .. lupa semua .. beli tarot sama.. …buku pelajarannya mahal banget dulu say dan ga nyandak blass heheh bagaimana klo wayang ini .. apa ada yg jual .. klo ada bu kim mau heheh mungkin lebih muda kan sdh hafal nama 2 wayang nya .. tinggal menghafal dicocokin sama bintang nya .
    dan cara beredarnya kartu nya bagaimana … gtu .. makasih ya say .. semoga bermanfaat buat belajar tambah2 ilmu ….

    • @ Siu Kim,

      Maturnuwun apresiasinya bu, untuk itu quota tulisan di atas saya tambahkan lagi beserta alamat pemesanannya🙂 …

      Saya tertarik dengan tarot wayang ini selain ada falsafah Jawanya, juga ada spirit untuk melestarikan tradisi dan budaya.

      Saya juga masih belajar dan belum bisa sepenuhnya menguasai, saya hanya meraba-raba, menggunakan naluri saja, karena setiap kartu yang kita pilih itu ada getaran energinya.

      Tebaran kartunya bisa berbagai macam, antara lain untuk mengetahui kartu ‘Ragawi, Mental, Spiritual’ seperti berikut :

      Dan ini tadi saya mencoba melihat ibu…

      Ragawi : kartu hijau, DEWI DRUPADI, ratu cupu manik, unsur tanah, ‘the fondness of luxury’ atau kemampuan mensejahterahkan.

      Mental : kartu hijau, gambar GARENG atau open ending, yang berarti sebuah perubahan, terutama perubahan yang menawarkan kemantapan dalam sebuah kemitraan.

      Spiritual : kartu hitam, isi ruh BEGAWAN ABIYASA, simbol dari kearifan, membuktikan segala sesuatu melalui penelitian, pengajaran dan penjelasan.

      Semoga berkenan😉 …

      Salam karahayon,

      Dewi

  2. Terima kasih penjelasannya .. dan alamat nya… bu kim senang sekali
    sekali lg makasih ..mungkin di Gramedia surabaya ada .. ada banyak referensi buku yg bu kim diharuskan punya .. sesuai dgn kerjaan ibu kim.. diharuskan baca bagaimana bisnis di abad 21 .lalu 7 pintu rejeki dan bamyak lg yg lain sebagian udh punya .. rupanya harus berburu buku ini ,, heheh Makasih ya say sukses selalu buat Dewi ,,

    • @ Bu Kim,

      Karena limit edition, maka sepertinya hanya tersedia di toko Gramedia cabang Palmerah Jakarta, Makasih sama-sama bu dan semoga sukses hunting buku-bukunya🙂 …

      Salam sayang,

      Dewi

  3. Akhirnyaaaaa bs comment jg…
    Mbakyuuuu, aku nyuwun dibaca kartune thooo

    ^_^ rahayuu

    • @ Niken,

      Maturnuwun jeng udah mau mampir ke pendopo, senang sekali bisa bersua dengan seorang bidadari cantik dari langit seberang😉 …

      Baiklah, untuk jeng Niken saya menggunakan wacana kartu tebaran karier:

      1.Mengapa saya memilih karier ini?…
      2.Apakah saya berada di jalan yang benar?…
      3.Kendala utama apakah yang saya hadapi?…
      4.Apa yang menjadi kesukaan saya?…
      5.Bagaimana menjaga dan mengawasi kemajuan saya?…

      Dan ini adalah hasil jawaban dari pilihan kartunya :

      1.GANESHA, kartu hijau, untuk memenuhi kewajiban-kewajiban dalam keluarga agar bisa membawa berkah bagi semua pihak.

      Kartu ini juga berarti ‘kepakaran’ atau pakar dalam suatu hal.

      2.PRABU SALYA, kartu biru, keputusan yang benar. Sepantasnya dengan pemahaman yang baik atas persoalan yang tengah di tangani sebagai perhitungan menyeluruh atas sesuatu yang baik. Suatu keputusan yang menawarkan keuntungan, kegembiraan dan kemakmuran.

      3.SURTIKANTI, kartu hijau, sosok kebaikan ati, tindakan penuh kebaikan, dan perlunya kewaspadaan.

      4.KERETA KRESNA, kartu hitam, artinya kejayaan, kemenangan, kesehatan. Sukses datang lebih dulu, yang adakalanya tidak mantab dan kadang-kadang bisa kekal.

      5.PRABU PANDU DEWANATA, kartu ungu, simbol penegak hukum ‘law enforcement’, karakternya aktif, cerdas, sengit, gesit.

      Monggo, bisa di utak-atik sendiri lho jeng artinya, kalau misalkan ada kekurangan pada analisa saya🙂 …

      Salam sukses,

      Dewi

  4. Malem, mbak…..

    Saya baru tau tarot juga ada versi wayangnya. Jadi kepengen…. Saya minta tolong dibacakan, dong mbak. Tapi tolong dijelaskan secara awam.

    • iya mas daripada urusan tarot mendingan kita cari SOP KONRO Makassar, mantap mas dari pada urusan MAK EROT begitu, eh tarot ding

      Replay:

      He he he… mak erot pasti senyam-senyum kalau baca ini😉 …

    • @ Gigi,

      Sugeng enjang, niki mas nopo mbak nggih?🙂 …

      Ok, karena saya tidak mengetahui nama asli maupun jenis gender njenengan, maka saya menggunakan tebaran kartu Mawas Diri B.

      1.Siapakah saya?…
      2.Pengetahuan apakah yang sangat saya perlukan?…
      3.Bagaimana saya memperolehnya?…

      Dan ini jawaban kartunya:

      1.ASWATAWA, kartu ungu, ketaatan pada ibu alam atau juga Aura yang terkontanimasi.

      2.RESI KANWA, kartu hijau, perubahan mendadak yang memberi keuntungan di pasar. Pengembangan diri.

      3.DEWA RUCI, kartu hitam, sukses besar, kemenangan di segala bidang. Kemerdekaan.

      Mas/ mbak Gigi, ketika saya membuka kartu pertamanya, kartu tidak memperlihatkan isi ‘ruh’ njenengan itu siapa, melainkan hanya terlihat kondisi ‘mental’ njenengan, di mana keadaan njenengan saat ini sedang galau, tegang pikirannya atau seperti yang di wakili sosok wayang Aswatawa.

      Untuk itu njenengan harus siap berubah atau merubah untuk mengembangkan diri demi perbaikan dunia usaha yang njenengan tekuni saat ini, seperti yang di wakili oleh sosok wayang Resi Kanwa.

      Dan jika njenengan bersungguh-sungguh, maka kartu Dewa Ruci telah menanti anda, anda akan sukses dalam segala bidang dan merdeka dari kegelisahan pikiran🙂 …

      Salam wayang,

      Dewi

  5. Selamet pagi, mbak…. Maturnuwun sanget sudah dibaca. Saya mesam/em bacanya. Karena ada benarnya walaupun mbak belum tau gender saya. Beberapa tahun terakhir ini saya memang seperti yg tersirat dalam tarot wayang tersebut. Nama saya Arista Indreswari. Perlu dibaca ulang ya, mbak?

    • Mbak Arista yang terkasih, mumpung saya lagi bicara sunat, saya ingin menawarkan jasa baik saya agar mbak benar benar menjadi wanita sejati, sehingga mudah mbakayu Dewi bisa lebih akurat membaca kartu mak EROTnya? eh erot ding… masih ingat cerita sering di nusantara ini anak kecil tau2 ehhh sudah sunat deh… mungkin mbak Arista berminat? agar lebih menjadi SEJATInya mbak Arista Idreswari? saya senyam senyum aja menuggu keputusannya loh…

    • @ Yth Ibu Arista Indreswari,

      Terima kasih, kartu-kartu tersebut sebenarnya adalah represen dari energi ibu sendiri🙂 …

      Baiklah bu, jika ingin di lihat lagi, dan ini adalah kartu-kartu yang barusan saya lihat di dalam diri ibu…

      Ragawi : PRABU SALYA, kartu biru, sebuah nasib baik atau yang juga bisa berarti bahwa memahami suatu kematian akan membawa ketenangan dalam hidup.

      Mental : DEWA SOMA, kartu hitam, deep instinctual force, perkembangan pada pengetahuan ilmu gaib, ketidakpuasan, perubahan yang tak terduga, kekeliruan.

      Spiritual : isi ruh DEWI SRIKANDI, kartu ungu, cerdas dan handal, mudah menerima, cerdik, percaya diri.

      Monggo dipun utak-atik sendiri arti dan maknanya nggih bu🙂 …

      Salam spirit,

      Dewi

  6. Hehe…. Saya masih mbak2, kok mbak Dewi. Saya jadi rikuh dipanggil ibu karena belum pantes mendapat gelar itu. Terima kasih sudah dibacakan. Semoga bermanfaat bagi saya. Sebagian saya paham, sebagian saya belum menemukan artinya. Mohon bantuan doanya saja semoga cita2 saya tercapai dalam waktu dekat. Two thumbs up buat Ibu Ani yg “bisa2nya” menciptakan tarot wayang yg makna & nilai filosofinya ‘so deep’.
    Oya, mbak. Saya mendapat amanat dr ibu saya. Beliau juga minta tolong dibacakan. Nama Beliau Erna Erawati.
    Nuwunsewu…. Apa mbak ini yg suka ‘sliwar/er’ di blog ….langit? Kok logo & namanya nyrempet. Maaf kalo saya salah.
    Sukses buat blognya. Blognya cantik, feminin. Saya mungkin sering bertamu.

    Salam sejahtera

    • @ Mbak Arista,

      He he he… nggih mbak, dulu saya sering aktive koment di blog pinisepuh, sekarang saya juga masih tetap berkunjung, tapi hanya sebagai pembaca pasive saja, komment kalau ada yang perlu di komentari saja. Kalau mbaknya sering baca komentarnya, di situ dulu saya sering di plonco sama si kebo ijo dan sekutu-sekutunya, wah nggak nyangka bisa bertemu di sini lagi ya😉 …

      Ngapunten mbak kalau jawaban kartu saya membuat njenengan masih bingung, karena saya juga masih belajar membaca aura dan energi seseorang, terkadang saya hanya bisa menyampaikan saja apa yang telah saya baca, sedang arti dan maknanya saya tidak berani menyimpulkan, karena itu semua berpulang pada yang bersangkutan. Dan mengenai jenis gender dan nama itu terkadang tidaklah mutlak untuk selalu di sebutkan, kemarin saya sebenarnya hanya ingin berkenalan saja🙂 …

      Untuk belajar tarot wayang ini adalah pemahaman dasarnya, setiap warna kartu ada maknanya, seperti kuning yang melambangkan api, biru= air, ungu= udara, hijau= tanah dan hitam= spiritual, yang kesemuanya memiliki falsafahnya, untuk selengkapnya bisa di baca uraiannya di atas. Sedang kartu ragawi menunjukkan perawakan seseorang, kartu mental merujuk pada kondisi psikis, kartu spiritual/ ruh untuk memperlihatkan watak/ karakter seseorang.

      Dan ini adalah kartu-kartu untuk ibu njenengan:

      Ragawi, DEWI ARIMBI, kartu kuning, menyiratkan kabar gembira, cemerlang, indah, berani, namun lekas marah.

      Mental: WIBISANA, kartu kuning, kelahiran baru ‘the birth of enterprise’, kekuasaan, daya tarik yang menyeluruh, gagasan yang tidak di perlukan untuk suatu hubungan kemitraan.

      Spiritual, PRABU BALADEWA, kartu hijau, berat kebendaan, domestik, materialistik tetapi membumi dan hasilnya bisa mendunia.

      *kartu kuning elemennya api, memperlihatkan kekuatan dan perjuangan, ekspressi kebebasan, motivasi, semangat dan tantangan.

      * Kartu hijau elemennya tanah, sifatnya pasif tapi menunjukkan kegigihan juga kemantapan, bisa bersikap menguasai baik secara fisik maupun kebendaan…

      Maturnuwun apresiasinya di pendopo ini mbak, semoga alam merespon doa njenengan, bisa sukses dalam meraih apa yang di cita2kan oleh njenengan dan keluarga🙂 …

      Salam manis,

      Dewi

  7. @senyum

    Ada komisinya ya, mas….🙂

  8. Asiiik, blog udah mulai ramai. Pelan tapi pasti, orang2 yang jenuh dengan hinggar bingar debat kusir, orang2 yang butuh hidup damai akan ngumpul dan berbagi ilmu dan senyum2 di blog cantik ini.

    Replay:

    Makasih mbah, udah mau berkunjung dan senyum-senyum di pendopo ini🙂 …

  9. Hehe… Iya nih. Saya jg ga nyangka ternyata mbak ini mbak Dewi yg itu.
    Saya paham kenapa yg ‘begituan’ biasanya memang tersurat, terselubung, penuh simbol. Memang perlu waktu untuk mengerti maknanya. Trimakasih loh, mbak

    Salam manis jg

    Replay:

    You`re wellcome dear🙂 …

  10. Matur nuwun mbak DEWI, saya sudah baca tarot saya.Saat ini saya sedang memikirkan bagaimana saya menghadapi anak saya. Mungkin dengan membaca tarotnya saya lebih mudah untuk membantu saya. Namanya Candra Rini. Matur nuwun.

    • 🙂 Mohon maaf, isi komentar telah di pindahkan ke ruang sebelah:

      https://sabdadewi.wordpress.com/2013/09/23/rogosukmo-plus-plus/

    • @ Ibu Erna,

      Sugeng rawuh bu, maturnuwun sami-sami, dan ini kartu wayang untuk adik Candra Rini…

      Ragawi: BATARA NARADA, kartu hitam, kekuatan yang beragam, efek kebaikan maupun keburukan, keselarasan di antara dua keadaan yang saling berlawanan.

      Mental: RESI SUBALI, kartu kuning, kesakitan, pertanyaan yang menyakitkan yang disebabkan suatu tindakan yang menjurus ke keputusasaan, peperangan dan pertentangan.

      *Untuk itu di perlukan kecakapan untuk tetap mempertanyakan segala sesuatu yang memberi banyak masukan.

      Spiritual: GATOTKACA, kartu hitam, pengorbanan, hukuman, kehilangan. Fatal dan tidak ikhlas berkorban secara menyeluruh.

      *Dengan kata lain ‘Pencerahan hanya bisa di dapatkan melalui pengorbanan’.

      Semoga kartu-kartu di atas tersebut bisa membantu ibu untuk lebih bisa menyelami jiwa putrinya :)…

      Salam rahayu,

      Dewi

  11. Adi "Acong" Sujatmika said:

    Sugeng dalu, Mbak Dewi. Aku hendak menanggap penawaran Mbak Dewi tapi aku masih ndak tahu hal apa yang mau aku tanyakan melalui pembacaan tarot wayang. Hmm.. Kira-kira apa yang dikatakan tarot wayang mengenai diriku? Entah aspek kedirian (ragawi, mental, spiritual) atau aspek hidup pada umumnya (karir, jodoh, dsb), dll. Karena ndak tahu mau bertanya tentang apa, kesannya malah ngerepoti ya pengennya dibaca semua😀

    Ngap

    • @ Adi “Acong” Sujatmiko,

      Sugeng dalu kangmas Adi, maturnuwun, klaresan alias kebetulan saya lagi duduk santai di pendopo, jadi langsung saja saya bukakan kartu buat masnya… dan luar biasa energi njenengan ini, di penuhi dengan aura feminin, di mana energi feminin ini bukanlah kelemahan melainkan suatu kekuatan🙂 …

      Tidak mengapa bertanya yang sebanyak-banyaknya, untuk itu saya menggunakan tebaran kartu mawas diri A :

      1.Apa tanggung jawab saya?
      2.Apa yang saya cintai?
      3.Pesan apa yang disampaikan bawah sadar saya?
      4.Apa yang menjadi urusan saya?

      Dan ini adalah jawabannya:

      1.DEWI PERTIWI, kartu hitam, sebuah harapan, there is a hope, suatu angan-angan yang bisa berarti pula kesetiaan serta pertolongan tak terduga.

      2.DEWA RUCI, kartu hitam, sukses besar, reaching the goal, kemenangan di segala bidang yang melengkapi perjalanan karma dan persoalan itu sendiri.

      3.HANOMAN, kartu hijau, ketekunan, preseverance, terwujudnya suatu inisiasi yang membuahkan keterlibatan emosi dalam keluarga atau masyarakat, kekecewaan yang ditimbulkan oleh cinta yang mendalam.

      4.RAMA & SINTA, kartu hitam, keselarasan dan harmoni dalam hidup terutama yang menyangkut ilham dan dorongan naluri tentang percintaan.

      Tak lupa kartu ragawi, mental dan spiritual atau a,b,c :

      a.GARUDA, kartu kuning, kecepatan, full of speed, kesempurnaan yang berlangsung singkat untuk membongkar motif-motif tersembunyi dan bersifat rahasia yang mengarah ke sikap keras kepala, berpikir cepat dengan diikuti tindakan yang real dan nyata.

      b.DEWI SRIKANDI, kartu ungu, kartu ungu, cerdas dan handal, mudah menerima, cerdik, percaya diri.

      c.DEWI DRUPADI, kartu hijau, ratu cupu manik, unsur tanah, ‘the fondness of luxury’ atau kemampuan mensejahterahkan.

      Dan… ketika saya pertanyakan tentang ‘jodoh’ kartunya yang muncul hitam dengan gambar ‘BAGONG’… yang artinya bahwa jodoh itu adalah suatu pilihan atau choice dalam hidup njenengan.

      Semoga kartu-kartu pilihannya tersebut mewakili semua aspek kedirian mas Adi Acong yang cute dan adorable😀 …

      Salam senyum,

      Dewi

      • Matur nuwun, Mbak, atas pembacaan tarot wayang-nya. Semua yang terbaca oleh kartu tarot, benar. Aku mengatakan benar karena beberapa hal sedang aku rasakan eksistensinya dalam diriku, dan selebihnya memang aku alami🙂

        Salam kasih,

        Adi Acong

      • @ Adi “Acong” Sujatmiko,

        You`re wellcome dear, that would be lovely if the card reading was match with your energy🙂 …

        Thanks for your visite, wish you happy sunday and hope you`re alaways fun and wonderfull🙂 …

        Salam happy,

        Dewi

  12. wiranata kusuma said:

    Salam kenal🙂

  13. Sugeng Enjang Mbah Dewi …
    Nyuwun tulong diwaosaken Tarot kulo nggih mbah …
    matur nuwun …
    –yang lengkap ya mbak …. hehehe ….–
    salam

    • Sugeng enjang @ Mas Rahmat,

      Monggo langsung mawon dipun waos kartu njenengan meniko :)…

      Yang pertama kartu untuk mengetahui A-raga, B-mental dan C-spiritual njenengan:

      A.PRABU PANDU DEWANATA (RAJA), kartu ungu, Sang penegak hukum… pikiran njenengan aktif, cerdas dan gesit

      B.PRABU BOMANTARA (RAJA), kartu kuning, Leadership kepemimpinan… semangat njenenganpun tak kalah aktif, dermawan dan berapi-api

      C.BATARA NARADA, kartu hitam, Kompromi… kekuatan njenengan beragam dan bisa terealisasikan ke tindakan nyata, adakalanya ada efek kebaikan dan keburukan, dan di antara keselarasan dua keadaan yang berlawanan itu njenengan masih bisa berkompromi

      Kartu berikutnya adalah tebaran kartu untuk ‘Mawas diri A’:

      1.Tanggung jawab saya.
      2.Apakah yang saya cintai?
      3.Pesan apakah yang di sampaikan bawah sadar saya?
      4.Yang menjadi urusan saya.

      1.DEWI RATIH (RATU), kartu biru, Waspada… secara umum karakter sang Ratu sangat baik, imajinatif, puitis, sukanya pacaran

      2.BATARA WISNU (AS), kartu hijau, Anugrah besar… secara naluri yang berhubungan dengan kebendaan. Kemungkinan harta kekayaan yang datang akan membawa kemammuran dan mengatasi kemiskinan

      3.PARIKESIT, kartu biru, Semangat baru… lahirnya kegembiraan dan suatu program pekerjaan yang mencapai tujuannya

      4.RESI SUBALI, kartu kuning, Persaingan… suatu potensi tindakan yang bisa menjurus ke suatu pertentangan, keputusasaan dan peperangan baik di luar maupun di dalam. Kecakapan untuk tetap mempertanyakan segala sesuatu dan ide-ide yang dapat memberi banyak masukan.

      Meniko kartunipun panjenengan, mugi sedoyo ing penggalih saget dados endah ing kahanan🙂 …

      Salam senyum,

      Dewi

  14. matur mbah nuwun mbah dewi … mugi sageda dados kaca papeling kulo … hehehe thankyou lagi …

    salam

  15. eh iyo … dikasih masukan dong mbah … biar bisa dipake rujukan jalan jalan ke depannya … asyeeekkk ….

    • Sugeng dalu @ Mas Rahmat,

      Dos pundi mas?… menopo waosanipun meniko cocok?🙂 …

      Untuk kemajuan-kemajuan di masa depan itu sebenarnya hanya njenegan yang tahu langkah-langkah apa yang terbaik, apalagi njenengan memiliki potensi yang luar biasa, tetapi jika di rasa masih butuh saran dan masukan, maka ide-ide baru dari kartu berikut ini mungkin bisa sedikit penambah saja :

      Harmony- keselarasan
      Keterbukaan- open minded
      Usaha- hasil karya
      Enlightenent- pencerahan

      Simpel saja, terlebih dahulu harmonisasikan diri anda, lalu dengan keterbukaan lakukan berbagai upaya, supaya terwujud hasil karya nyatanya, sehingga tercerahkan masa depan yang di impikan🙂 …

  16. Sugeng Enjang mbah Dewi
    Matur Nuwun Sanged nggih Mbah …
    Nyuwun tambah Pangestunipun Mbah Dewi Ugi…
    Nglampahing ingkang sadermo meniko

    Mugi Gusti Kang Kinaryo Jagad tansah Pinaring Keslametan , Karahayuan dumatheng Mbah Dewi lan Kluwargo
    nuwun

    • Sugeng sore Mas Rahmat,

      Senadyan koyo ngopo manungso
      Mung bisa ngreko lan njongko
      Gusti kang paring idi lan pesti
      kito sak dermo nglampahi…

      Maturnuwun sami-sami, mugi njenengan lan kluwarga tansah wilujeng rahayu lan widodo, ugi bondo lan begjo kang teko lan tinemu :)…

      Salam rahayu,

      Dewi

  17. Kartunya beneran cuma ada di Gramedia Palmerah ya mbak?😦

    • @ Li Na,

      Nggih mbak, pertama dulu saya mendapakan info tarot wayangnya dari internet, sempat juga saya telpon ibu Anie Sekarningsih yang nomer telponnya saya dapatkan dari searching di google, ibu Anie menyarankan saya beli di toko buku gramedia, karena buku ini ‘limit edition’ maka hanya tersedia di gramedia palmerah jakarta saja. Sayang sekali ibu tidak memiliki stock buku dan kartunya, padahal saya bermaksut ingin membeli langsung kepada si Empunya, supaya saya juga mendapatkan tanda tangannya🙂 …

      Monggo di cobi mawon sms atau telpon di nomer tersebut di atas, nggak perlu datang ke jakarta kok, pemesanan cukup di lakukan via udara atau akan di kirim lewat paket.

      Maturnuwun, Met hunting N happy searching ya🙂 …

      Dewi

  18. zulkarnaen said:

    belinya dimana ini??

    • @ Zulkarnaen,

      Tarot wayang ini limit edition dan hanya bisa didapatkan di Gramedia Palmerah Jakarta. alamat toko buku beserta nomer telepon untuk pemesanan via sms sudah ada di atas, silahkan di baca lagi ya🙂 …

      Salam manis,

      Dewi

  19. Sugeng rahayu mbk dewi…..hmmmmmm sy dah lihat mbk dewi tadi…..woow….sexy abis hehhehehehehheheh….sumonggo mbk,panjenengan ramal kawulo njih….saya dan suami saya mbk….matursembah nuwun….

    • @ Herda Agashi,

      Sugeng enjang jeng Herda, maturnuwun sampun kerso anjangsana… he he he… sexy nopo to Jeng, biasa mawon, meniko namung photo ndamel kemben😉 …

      Baiklah, langsung saja, untuk membaca situasi keluarga jeng Herda dan suami, saya menggunakan tebaran kartu dengan wacana silang keltik :

      *Saat ini dinamika kehidupan njenengan dalam anugerah besar yang dilambangkan oleh kartu hijau BATARA WISNU, dimana harta kekayaan yang datang akan membawa kemakmuran dan mengatasi kemiskinan. Dan juga kartu hitam DEWA DHARMA yang melambangkan hasil perjuangan dari kesabaran selama ini.

      *Apa yang ada dalam diri njenengan dan keluarga adalah kemampuan menyesuaikan diri, mantab dan suka memerintah tapi baik hati, yang di lambangkan oleh kartu kuning DEWI BANOWATI, namun kartu hijau BAGAWAN PALASARA memberi peringatan, bahwa kelimpahan materi bisa menjadi sesuatu yang sia-sia jika tidak dimanfaatkan dengan tepat dan benar sesuai porsinya.

      *Hubungan njenengan dengan lingkungan sekitar adalah hubungan yang baru, bahkan bisa garang dan licik yang di lambangkan oleh kartu biru ADIPATI KARNA, juga kartu kuning BATARI SRIMULIH yang menjelaskan bahwa adanya suatu penggabungan emosi yang berlawanan seperti sifat ‘api dan air yang menguap ke udara’, ketenangan sebelum badai dsb. Perubahan- perubahan yang tak terduga juga bisa bersifat anugerah atau ‘gift’ dimana sesuatu yang dibangun dengan kerja keras bisa menyelamatkan dan memberi tempat perlindungan.

      *Untuk menemukan sebuah hubungan yang harmonis dengan lingkungan sekitar telah diperlihatkan oleh kartu biru DEWI ANJANI yang berarti ketajaman intuisi, juga bisa manis, lembut dan baik. Serta kartu hitam DEWI LAKSMI yang berarti bisa membangun kemitraan yang membahagiakan, supaya ada kebanggaan, kemahsyuran, tambahan dan kejayaan.

      *Kendala dan harapan serta kemungkinan di masa depan di perlihatkan oleh kartu hitam BUTA CAKIL yang berarti suatu kegandrungan dan obsesi yang positive, sesuatu yang bersifat godaan materi. Dan kartu hitam DEWI KUNTI adalah represen dari indah, kebahagiaan, kegembiraan dan keberhasilan. termasuk juga kelimpahan, foya-foya, kehamilan, menjadi ibu, ibu alam.

      Nggih jeng, sak meniko sedoyo waosan situasinipun, mugi njenengan lan keluarga tansah pikantuk kanugrahan, kasarasan, kabacikan, karahayon lan bondo kan tinemu🙂 …

      Salam gembira,

      Dewi

  20. Alhamdulillah…..kawulo mios jawaban panjenengan lgsg senyum sumringah mbk dewi…..matursuwun sanget soalipun cocok….10thn membina rmh tangga begitu byk cobaan dan airmata….kesabaran,ketabahan dan kesetiaan sy sbg seorg istri spt dikuliti dan diuji begitu besarnya sampai sy hrs menghadapi kehilangan bertubi2 org2 terdekat yg sangat penting perannya dihidup sy….spt kehilangan mbk kandung sy yg slama ini berperan spt ibuk sy,meninggalnya mertua laki2 yg slama ini bgtu menyayangi sy,meninggalnya bpk kandung sy dlm thn yg bersamaan….dn menghadapi ulah suami yg minta dislentik dlm thn yg sama jg…..dan alhamdulillah semuanya berhasil sy hadapi dan semuanya tak lepas dari restu dan hidayah dari Gusti Allah,rosulallah,para nabi,para waliallah,para leluhur dn leluwur kawula ingkang asli semuanya serta semua leluhur2 tanah jawi…..pokoknya mksh mbk…semoga dgn jwban mbk dewi makin menambah rasa bersyukur dn sembah bakti sy kpd Sang pencipta dn kpd para leluhur2……thn 2013 kami menempati rmh baru dn mempunyai lingkungan baru mbk….semoga dlm rmh baru ini kami akan selalu mendptkan pencerahan,kedamaian,ketentraman,kebahagiaan tdk hanya di dunia tp jg diakherat….matursuwun sanget mbk atas doa dn pengharapanipun….mugi2 Gusti Allah ngijabahi dan kita semua slalu dlm keberkahan dan kerahayuan urip…..aamiin…..salam sayang mbk dewi :*

    • @ Herda Agashi,

      Ngapunten sakderengipun, tumut nandang duhkito kagem keluarga njenengan ingkang sampun tilar…

      Maturnuwun sampun kerso curhat, saya turut prihatin dengan apa yang terjadi pada njenengan dan keluarga, Gusti ora nate sare, semoga semua itu menjadikan njenengan semakin kuat, bercahaya dan penuh welas asih🙂 …

      Salam sayang,

      Dewi

  21. Matursembah nuwun mbk dewi……salam bahagia jg…….terimaksh atas sgala saran dn doanya….semoga Gusti Allah selalu ngijabahi semua doa2 kita aamiin…..salam sayang mbk dewi…..:*

  22. Ghana Raja said:

    Salam Rahayu,

    Mbak dewi dimana saya bisa dapetin tarot wayang. Saya juga mau dibacaiin tarotny

    matur suwun
    Rahayu

    • @ Mas/Mbak Ghana Raja,

      Baiklah, 3 kartu yang saya buka menunjukkan bahwa jenengan orang yang pasif tetapi gigih dalam mengejar cita-cita, gabungan antara elemen air dan tanah, tapi unsur airnya cukup dominan😉 …

      Ragawi : DEWI ANJANI, kartu biru, yang menunjukkan kemampuan phisik sekaligus ketajaman intuisi.

      Mental : GARENG, kartu hijau, open ending atau suatu perubahan dan perubahan itu yang menawarkan kemantaban dalam kemitraan.

      Spiritual : PARIKESIT, kartu biru, new spirit/ semangat baru dan lahirnya kegembiraan atau suatu program yang mencapai tujuannya.

      *) Kartu tarot wayang edisi special ini hanya bisa di dapatkan di toko buku gramedia cabang palmerah jakarta, sebelum beli coba sms atau telepon dulu apakah masih ada atau sudah kehabisan. Untuk memesannya, alamat dan nomer teleponnya bisa dibaca di atas🙂 …

      Salam rahayu,

      Dewi

  23. terima kasih mba Dewi atas informasinya di blog ini,
    minggu kemarin saya pesan melalui nomor hp yg tertera di blog ini (gramedia palmerah), dan langsung dapet jawaban utk bisa dikirim ke Serang, Banten.

    rahayu

  24. Met pagi mba dewi saya ymeina salam kenal , mba aku juga tolong dibacain donk tarot wayangnya , maturnuwun sebelumnya

    • @ Mbak/ Mas Mayna,

      Maturnuwun, salam kenal juga ya🙂 …

      Baiklah ini kartu untuk njenengan:

      Raga : DEWI SARPAKANAKA, kartu biru (elemen air), yang berarti ketidak puasan, pada saat ini njenengan membutuhkan perhatian yang lebih, suatu perlindungan yang seperti keibuan untuk mendapatkan rasa aman, dan itu semua merupakan suatu keinginan yang alamiah, namun perlindungan yang berlebihan juga akan mengurangi nilai kemampuan.

      Mental : SOKASARANA, kartu hijau (elemen tanah), yang berarti kesengsaraan, menahan tekanan dari luar maupun dari dalam yang berupa ketegangan, rayuan ataupun kecemasan yang muncul dari permukaan akibat permasalahan-permasalahn yang berkesinambungan. untuk itu diperlukan kekuatan untuk tegak berdiri secara mantab dalam menghadapi ancaman ataupun kemalangan.

      Spiritual : BATARI SRIMULIH, kartu kuning (elemen api), yang berarti suatu anugrah jika kita bisa mengelolahnya. Bahwa penggabungan yang berlawanan, yang mungkin terekspressi dalam bentuk ketenangan sebelum badai, perubahan yang tak terduga, emosi yang berubah-ubah sebagaimana gejolak api dan air yang menguap ke udara. Pada akhirnya sesuatu yang di bangun dengan kerja keras, akan bisa menyelamatkan atau memberi tempat perlindungan.

      Semoga selalu damai di hati🙂 …

      Salam rahayu,

      Dewi

  25. Mba dewi maturnuwun sudah dibukain tarotnya iya mba aku ni sudah jatuh bangun buka usaha smua hancur mba ga tau mesti bgmn lagi skrg ni dgn usia yg udah ga muda lagi yg mana utk nyari kerja makin susah mungkin itubya yg di maksud dari bukaan kartunya matur nuwun mba

    • @ Mayna,

      Life begin at 40`s… konon hidup itu dimulai pada usia 40 an🙂 …

      Tetap semangat, ambil ‘pelajaran’ dari kejadian masa lalu, evaluasi mengapa selalu jatuh bangun, jangan lupa untuk selalu berbagi, dan kita akan selalu punya kesempatan yang kedua🙂 …

      Salam semangat,

      Dewi

      • Selamat pagi Bu Dewi..sepertinya yg kartu wayang ini nampak menarik jg, berhubung saya sangat menyukai cerita pewayangan..

        Sukses slalu, dan tetap menjaga nilai dan budaya Nusantara..
        Suksma.

      • @ Jung Prabhata,

        Sure dear, it was my pleisure🙂 … and this is it, this is your card :

        Raga: KALA MARICA, kartu biru atau elemen air, yang memiliki arti: Masalah, kecemasan, kehilangan. Kemungkinan serangan penyakit yang berkepanjangan. Sumber daya atau kecakapan alamiah untuk bertindak sebagai penghusada

        Mental : DEWI SRIKANDI, kartu ungu ‘Ratu’ berelemenkan udara, menunjukkan njenengan cerdas dan andal, serba cepat, percaya diri dan cerdik, terkadang sedikit sengit.

        Spiritual : PRABU SALYA, kartu biru atau elemen air, yang berarti Good fortune atau nasib baik. Keputusan yang benar. Sepantasnya dengan pemahaman yang baik atas persoalan yang tengah ditangani sebagai perhitungan menyeluruh atas sesuatu yang baik. Suatu keputusan hukum yang menawarkan keuntungan, kegembiraan dan kemakmuran. Memahami suatu kematian akan membawa ketenangan dalam hidup.

        I hope you always have good in time and always take care the good of you🙂 …

        Salam fortune,

        Dewi

  26. salam kenal mbak ^^
    belom lama ini saya joinkomunitas belajar Tarot psikologi dan saya memutuskan untuk membeli Tarot wayang sebagai pegangan saya. Kata teman saya ini lebih sulit dari tarot rider biasanya, jadi saya agak sedikit bingung. Saya jadi berpikiran apa saya bisa ya? apalagi simbol dan design tarot wayang itu simple tidak seperti tarot lainnya. Kalo boleh saya tahu, mbak sudah bermain tarot wayang berapa lama sampaibisa prof seperti ini?
    Terima kasih

    • @ Mbak Freiza,

      Terima kasih, salam kenal juga dan selamat datang di pendopo🙂 …

      Saya belum pernah bermain kartu tarot sebelumnya, tapi dulu pernah iseng minta diramal temen yang bisa main kartu tarot rider/ original…. dan sayapun hanya bisa mengangguk-angguk takjub, tapi tetep saja saya masih bingung karena tidak paham sama sekali… satu hal yang mengesankan, bacaan tarotnya ternyata cocok.

      Dan tarot wayang ini adalah kartu pertama yang saya pelajari, saya masih menyimpan nota pembeliannya: 31-7-2013, lalu saya coba pelajari sendiri, percaya nggak percaya ternyata cocok, dan saya latih terus sekitar beberapa kali, hingga lalu sebulan selanjutnya saya mencoba memberanikan diri dengan mepostingkannya di pendopo dan menyenangkan sekali, mendapatkan apresiasi dan respons yang positive dari pengunjung.

      Mbak Freiza, sebenarnya semua orang bisa mempelajari tarot/ tarot wayang, dan tak perlu keahlian khusus karena pada dasarnya bermain kartu itu seperti halnya mengalirkan ‘energi’, jadi kalau seandainya ramalan tsb cocok, maka bukan saya yang pintar, melainkan energi dari seseorang yang minta diramal itu yang menyatakan demikian, lalu kita tinggal ‘menterjemahkan’ gambar kartunya sesuai dengan petunjuk yang ada di bukunya, bagi yang belum hafal.

      (* Dalam hal ini, saya hanya sebagai tukang ketik saja… he he he…)

      Rasanya percaya nggak percaya ya, tapi itulah kartu energi (apapun bentuk, nama dan serinya). Memang bagusnya kita belajar bersama seperti ikutan kelas/ klub pembacaan tarot serta ada pembimbingnya, tapi kalau terpaksa nggak memungkinkan atau berjauhan, maka kita bisa mempelajarinya sendiri, asal kita tekun dan telaten, dan yang terpenting jangan abaikan intuisi😉 …

      Monggo coba mbaknya praktekkan dan rasakan energinya🙂 …

      Salam energi,

      Dewi

  27. christina said:

    Mbak dewi, salam kenal,🙂
    aku jd penasaran sm tarot wayang ini dan suka dengan pernyataan mbak, it’s about the energy!
    aku percaya itu juga, bahwa segala hal di semesta ini berkaitan dengan energi. Semoga suatu saat bisa belajar baca juga, hehe.
    kalau boleh, aku mau minta tolong dibacain kartunya mbak,
    maturnuwun sanget🙂

    • @ Christina,

      Sure dear, terima kasih atas kunjungannya dan salam kenal juga🙂 …

      Baiklah inilah kartu energi njenengan :

      Raga: KERETA KRESNA, kartu hitam, memiliki arti: Kejayaan. Kemenangan. Kesehatan. Sukses datang lebih dulu, yang adakalanya tidak mantap dan kadang-kadang bisa kekal.

      Mental: PRABU BOMANTARA (RAJA), kartu kuning, yang berarti: Kepemimpinan/ leadership, aktif, dermawan dan berapi-api.

      Spiritual: DEWI SARASWATI, kartu hitam, artinya bervariasi: Perubahan. Pengganti. Pertambahan. Pengurangan. Ketidaktetapan. Menukik. Kebijaksanaan.

      Salam energi,

      Dewi

  28. christina said:

    Mbak Dewi,
    maturnuwun sanget sudah dibacakan,🙂

    salam,

    • Sugeng sore @ Christina,

      Maturnuwun sami-sami, semoga bacaan kartunya yang bervariasi dapat bermanfaat dan bisa menambah wawasan diri dan pribadi🙂 …

      Salam rahayu,

      Dewi

  29. Sugeng rahayu mbakyu dewi…
    Yen berkenan kulo nyuwun pisan dibuka kartu tarot wayangne…
    Matur suwun

    • @ Jayadi,

      Maturnuwun sami-sami, ugi rahayu kagem panjenengan🙂 …

      Monggo kangmas, meniko kartu njenengan :

      Raga: SEMAR, kartu hitam (elemen jiwa), kecakapan mencipta. Kebijaksanaan. Penyesuaian diri. Keahlian. Kecerdikan tergantung pada tingkat derajat. Adakalanya kearifan dari alam gaib.

      Mental: GANESHA, kartu hijau (elemen tanah), artinya njenengan seorang yang ahli dan berbakat, pakar dalam memenuhi kewajiban-kewajibab dalam keluarga agar membawa berkah bagi semua pihak, dan kewajibab keluarga menghindarkan pengrusakan dengan menegakkan ketertiban hukum, menggunakan pengawasan dalam setiap situasi guna menjauhkan penyalahgunaan.

      Spiritual: ASWATAWA, kartu ungu (elemen udara), saling memberi keuntungan atas dasar pengalaman dan ketaatan pada ibu Alam.

      Kartu sosok Aswatawa ini juga bisa berarti aura yang terkontaminasi.

      Salam wayang,

      Dewi

      • Matursembah suwun kagem mbakyu dewi sampun berkenan membabarkan kartu wayang kulo. Yang mau saya tanyakan kalimat yang terakhir itu mbakyu. Terkontaminasi oleh apa…mugi2 mbakyu sing ayu berkenan menjelaskan sekali lagi.

        Rahayu dan selamat hari raya nyepi kepada poro sesepuh yang waskita.

      • Mencoba menggabungkan 2 energi hasil bukaan mbakyu dewi🙂

        Arti kartu: Jadilah orang yang kuat dan berkuasa!
        Berbagai macam arti kartu ini : Jangan meremehkan kemampuan njenengan sendiri dan janganlah menyerah pada tekanan dari orang lain * Jangan mengeluh tentang apa yang telah terjadi sebelumnya, hanya menggunakannya sebagai sarana memberikan njenengan tujuan dan keinginan untuk memastikan bahwa njenengan tidak mengulangi kesalahan lama * Yakinlah, bahwa apa pun yang njenengan tangani akan memiliki hasil yang positif, selama njennegan memiliki keyakinan dalam diri sendiri dan kekuatan batin sendiri.
        Sekhmet datang pada saat kita harus kuat dan menyatakan diri. Jika kita telah menemukan diri kita dalam situasi yang sulit, jangan menyalahkan orang lain atas situasi ini, menerima tanggung jawab untuk itu, kita bukanlah korban, dan kita memilikinya dalam kekuatan kita sendiri untuk naik di atas level itu.
        Ketika njenengan menaikkan tendensi lama ke permukaan dan melihat diri dalam cahaya baru dalam kekuatan feminin yang indah, hidup njenengan secara otomatis akan bergeser dengan cara yang ajaib. njenengan akan menarik peluang baru, kelimpahan rejeki dan relasi hubungan untuk membantu njenengan mewujudkan potensi yang tertinggi. Itu semua akan menjadi sarana yang kuat melihat diri dalam cahaya yang paling menguntungkan yang dapat njenengan bayangkan. Jadilah nyata, biarkan diri njenengan untuk merasakan emosi murni, tetapi dari kesemua itu, jadilah pribadi yang kuat.
        Njenengan perlu fokus untuk melihat diri sendiri sebagai pribadi yang kuat dan berkuasa. juga perlu melatih pikiran untuk melihat sisi positif dalam keadaan apa pun ketimbang negatif. Ini akan bermanfaat bagi njenengan untuk bekerja membangun kekuatan diri sendiri, ini benar-benar berada dalam situasi untuk menggunakan latihan yang berat / kekuatan. Jangan lupa menjaga kesehatan, makan makanan sehat minum banyak air putih dan moderator setiap kelebihan dalam hidup njenengan. Apa pun itu yang akan membantu njenengan untuk merasa lebih baik secara fisik, baik dalam diri sendiri dan memberikan sikap mental yang positif.
        Tentang Dewi Sekhmet : Beliau adalah Dewi Matahari pelindung yang berapi-api, berasal dari Mesir dan menikah dengan Dewa Ptah. Namanya berarti ‘kuat dan perkasa’. Sekhmet juga terhubung dengan singa, melambangkan alam sangat melindungi dirinya. Terkadang digambarkan dengan kepala singa dan tubuh wanita. Panggil dan seruhkanlah namanya ‘Sekhmet’ untuk meningkatkan kekuatan dan kekuasaan njenengan…
        Pesan Dewi Sekhmet : “Njenengan lebih kuat dari yang njenengan pikirkan, dan kekuatan njenengan bisa menjamin akhir yang bahagia.”
        Miliki kekuatan dan terimalah kekuatan njenengan, apa pun yang mungkin. Banggalah menjadi siapa sejatinya njenengan, dan menjadi individu yang benar dengan sifat-sifat sendiri yang positif serta kuat dan berkarakter

    • @ Dear Jayadi,

      Maturnuwun dan selamat hari Nyepi juga untuk njenengan dan bagi semua yang merayakannya🙂 …

      Baiklah, untuk memahami arti ‘terkontiminasi’, saya membukakan dua kartu lagi untuk njenengan:

      1. Pengetahuan tentang naluri/ yang terjadi dalam diri: RESI SUBALI, kartu kuning.

      Yang terjadi pada njenengan saat ini adalah Kesakitan, terutama secara fisik, juga bisa suatu pertanyaan yang menyakitkan yang disebabkan suatu tindakan yang menjurus ke keputusasaan. Peperangan. Pertentangan, di dalam atau di luar.

      kartu ini bisa berarti bahwa Tindakan melawan hidup dan mati akan membawa penyesalan. (Suatu potensi kekuatan merusak yang konstruktif)

      Maka kecakapan tetap diperlukan untuk tetap mempertanyakan segala sesuatu dan ide-ide yang bisa memberi banyak masukan.

      2. Dinamika inti situasi/ apa yang harus diperbuat: RESI MANUMAYASA, kartu ungu.

      Njenengan perlu mawas diri, secara tidak langsung hadirnya keheningan akan menjadi suatu ancaman.

      kartu ini juga bisa berarti bahwa pintu akan terbuka lebar dan semua permasalahan akan menguap.

      Semoga jawaban kartunya bisa menjelaskan penggalih njenengan🙂 …

      Salam dinamika,

      Dewi

      • Matur sembah suwun kagem mbakyu dewi yang telah memberi penjelasan tentang arti kartu tarot wayang saya. bagi saya sendiri untuk memaknai arti kartu tarot yang telah mbakyu dewi buka membutuhkan perenungan yang sangat mendalam terhadap setiap jejak kehidupan yang telah saya lewati atau pun yang akan saya hadapi di kedepan hari kemudian. Sekali lagi matur suwun mbakyu dewi.

        Salam Kesunyian dalam keheningan jiwa…🙂

      • @ Mas Jayadi,

        Matur sukma ( Matur nuwun ) sami-sami, dan ini ada satu kartu yang ingin saya sampaikan pada njenengan kemarin:

        Wayang LEMBU NANDINI, kartu kuning, artinya journey atau perjalanan.

        Bisa juga berarti ‘Pengaruh’ dimana kemampuan pribadi difokuskan sebagai jalan yang membawa suatu perubahan ke tingkat yang lebih baik.

        Semoga kartu tsb bisa melengkapi semua penjelasan kartu sebelumnya🙂 …

        Salam rahayu,

        Dewi

  30. Salam Mbakyu Dewi……

    Saya tertarik dan penasaran dengan kartu tarot wayangnya…..

    Ingin tahu hasilnya dan apakah hasil tafsiran tarot wayang ada hubungan persamaan dengan Kartu bidadari…..he he….

    Terima kasih…..salam Nusantara…..

    • @ Pak Zoom,

      Maturnuwun salam Nusantaranya🙂 …

      Ada yang menarik ketika saya mencoba mengambil tebaran kartu untuk Pak Zoom, biasanya saya akan mengocok kartu satu per satu untuk setiap tema raga, mental dan spiritual, tetapi barusan tadi saya hanya relax saja, mencoba mengacak sebentar lalu spontan saya ambil tiga kartu sekaligus di tengah tumpukan kartu.

      Uniknya, setelah saya buka 3 kartunya berurutan menyatakan demikian :

      Raga: BATARA KALA, kartu hitam (elemen spiritual), artinya: Waktu. Usia. Transformasi. Perubahan tak terduga. Perubahan demi peningkatan spiritual.

      Mental: PRABU BOMANTARA, kartu kuning (elemen api), memiliki sifat-sifat kepemimpinan, dermawan dan berapi-api.

      Spiritual: isi ruh PRABU YUDISTIRA, kartu hijau (elemen tanah), memiliki karakter seorang yang dermawan dan senang menderma.

      Kartu ini juga bisa berarti bahwa memperhatikan permasalahan yang sedang terjadi akan menjamin keberhasilan yang menyenangkan.

      Meniko kartu energi njenengan, menawi cocok nopo mboten? yen mboten mangke kulo baleni maleh, lha wong kulo niki tasih belajar, tasih meraba-raba, dereng pinter tenan, yen cocok biasane mung kebetulan wae… he he he…

      Salam tafsir,

      Dewi

      • Salam Mbak Yu Dewi…..

        Terima kasih wedaran dan tafsir wayangnya…

        Tidak perllu dibaleni atau diulang….sudah cukup bagi saya….ternyata berkaitan erat dengan tafsiran kartu bidadarinya…..kebetulan atau kebetulan atau memang betul??….ha ha ha…..Mungkin Mbakyu Dewi bisa merasa atau meraba dan menduga isi tafsirnya….Nuwun…..

        Salam Nusantara….

    • @ Pak Zoom,

      Kalau bisa menafsir sih tidak, kan semua sudah ada dalam bukunya, saya cuma membukakan saja, karena kebetulan saya mempunyai kartunya🙂 … he he he…

      Oh ya, ini tebaran kartu wacana kariernya.

      1.Mengapa saya memilih karier ini?
      2.Apakah saya berada di jalur yang benar?
      3.Kendala utama apakah yang saya hadapi?
      4.Apa yang menjadi kesukaan saya?
      5.Bagaimana menjaga dan mengawasi kemajuan saya?

      Dan ini jawaban untuk karier/ proyek prototipe njenengan:

      1. GARENG, kartu hijau, ‘open minded’, artinya: Perubahan, terutama perubahan yang menawarkan kemantaban dalam sebuah kemitraan.

      2. ANTABOGA, kartu ungu, Sebuah tugas yang dapat diselesaikan melalui kata-kata bijaksana. Pintu-pintu yang terbuka. Kesulitan yang berlalu.

      3. DEWI SUPRABA, kartu ungu ‘Emban’ memiliki kecerdikan dan andal, bijaksana, kuat dan teliti.

      4. SURTIKANTI, kartu hijau ‘Emban’, artinya: Tantangan untuk belajar, kebaikan hati, tindakan yang penuh kebaikan, kewaspadaan

      5. KUMBAKARNA, kartu kuning, ‘Bertahan di puncak’, artinya: Menangani permasalahan dengan tindakan yang kuat dan tegas, yang membawa pengaruh emosi yang kuat dalam menghadapi keadaan. Terlalu pekanya perasaan mendatangkan ujian berat yang berhubungan dengan cepat naik darah, atau esensi spiritual; kelompok orang-orang yang marah karena kepanikan. Kompetisi.

      Untuk kartu nomer 3 awalnya saya hampir tak bisa mempercayainya, karena kendala utama njenengan justru karena cerdik dan andal. apa benar hanya karena ada orang yang super cerdas dan cemerlang lalu banyak orang yang malah memusuhi/ mungkin menganggapnya sebagai pesaing?…

      Salam cerdik,

      Dewi

      • Salam Mbak Yu Dewi……

        Terima kasih dengan uraian kartu wayangnya…..

        Semoga saya faham dengan uraian isi tafsiran tarot wayang itu dan saya katakan atau merasakan ada kebenaran , kok bisa tepat ya ??…..waaah pasti ada apa apa dengan kartu kartu itu .??….

        Akan saya usahakan dan semoga bisa diujudkan apa apa yang sudah disarankan mbak Yu Dewi….

        Hidup pastinya harus bisa memelihara dan menjaga hidup itu sendiri , hidup harus ada semangat , perjuangan dan tujuan untuk bisa meraih apa yang dituju dan diharapkan ….hidup adalah pilihan dan semua hasil dalam hidup tergantung dari perilaku kita sehari hari….apa apa yang akan diterima adalah hasil karma perbuatan…

        Hidup seharusnya berkarya dan energik , bisa menciptakan keadaan dan pengaruh positip terhadap lingkungan , hidup juga sebagai ujian dan bukan sebagai takdir…..

        Salam Nusantara….

      • @ Pak Zoom,

        Nuwun injih pak Zoom, tetap semangat apapun yang terjadi, dengan kartu wayang bukan berarti kita hanya berpangku tangan menunggu nasib, melainkan kita bisa ‘menavigasi’ jalan kehidupan yang akan kita tempuh😉 …

        Salam navigasi,

        Dewi

  31. Salam jumpa..jeng dewi….siapa saya…
    mohon tebaran kartunya untuk saya….mungkinkah jeng dewi akan tercengang saat menafsirkannya…trimakasih jeng dewi

    • @ Kangmas Muji,

      Maturnuwun telah berkunjung ke pendopo, salam kenal juga🙂 …

      Baiklah, barusan saya mencoba mengambil kartu untuk njenengan, sebelumnya saya membatin untuk mengetahui raga, mental dan spiritual njenengan… dan ada yang unik, ketika kartu saya kocok, di tengah-tengah kocokan kartu terbalik dan tidak hanya satu tetapi tiga sekaligus!… instink saya mengatakan: Ok, saya tak akan mengambil kartu lagi, cukup tiga kartu ini saja.

      Dan inilah ke-tiga kartu tersebut:

      Raga: PREGIWA & PREGIWATI, kartu biru, elemen air, memiliki arti sebuah dinamika hidup atau Moving on…

      Secara fisik, raga njenengan memiliki impuls-impuls yang mengarah ke tindakan-tindakan yang selaras, di mana hal-hal yang menyentuh rasa sulit diungkapkan dengan kata-kata. Tetapi kartu ini juga bisa berarti ‘Terputusnya komunikasi’ atau Pikiran palsu yang mengakibatkan kebingungan. Perasaan bingung yang diakibatkan salah pengertian. Namun begitu tidak ada rasa benci. Kartu ini juga bisa berarti Pertolongan dunia gaib.

      Mental: DEWI JEMBAWATI & NARAYANA, kartu biru elemen air, artinya ‘kebersamaan atau ‘A happy union’…

      Dengan kearifan mental, njenengan mampu melahirkan keselarasan. Tetapi kartu ini juga bisa berarti kemungkinan terjadi adanya suatu pernikahan dalam dunia nyata atau yang tidak tampak sebagai ungkapan keselarasan. Juga bisa berarti ‘kelimpahan cinta’.

      Spiritual: BEGAWAN DURNA, kartu ungu, elemen udara, yang berarti pertentangan atau konflik…

      Saat ini jiwa njenengan sedang mengalami pertentangan/ konflik (batin). Kartu ini juga bisa berarti suatu imajinasi di antara kesulitan atau sebuah pukulan yang membuyarkan impian-impian.

      Well, dos pudhi kangmas, menopo cocok?… ngapunten sakderingipun, saya hanya meraba-raba menebak njenengan, wong kulo tasih belajar🙂 … he he he…

      Salam kartu,

      Dewi

      • WELCOME
        THE ORIGN TAROT
        WAYANG
        Kulonuwun nderek kekempalan.
        Derdew, n sederek sedaya.
        Ngapunten sakderengipun.

        NI dia Narasi ‘kahyangan’
        :
        Tarot, Putar Otak
        Teknik lembah manah, cara alus membantu orang, lampahing welas asih
        Teknik memyembunyikan ilmu trawang atau dan ilmu Nyandra di Muka
        Manusia mana yg ahli ilmu itu . . . . . .
        Semua permainan kartu, dulunya begitu.

        MENDITO LAN SATRIYO
        Jaman dulu media awal bersosialisasi
        Teknik bekal utk berkelana
        Tenik perkenalan tak kentara, tdk terlalu menonjol ke ‘bisaan’ nya
        Kartu media wujud ” normatif ”
        Ada bijak nya, pemegang kartu punya ilmu batin yg kuat dulu.

        Card, kartu, tarot. Te rot te, carot, wortel
        Tlatah ‘njawi’ yg dimaksud terutama america, europe, banyak orang gypsi.
        Pengelana berkelompok, nomaden
        Ada pula …………. lain cerita, lain karakter :

        Lone is enough but the smart charakteristic human. Strong man…he he he Sakti.
        The legend…the lone ranger, the mysterius man, the stranger yg suka menolong.
        Elang action. Rajawali action, Gagah Rupawan layaknya uDara Aksinya.
        He he he semua pakai kain ikat
        ………………….. Demikian narasi dr negeri ‘kahyangan’ …………………..

        Dari adat, tahu orangnya
        Must be nyandra ing wingking…..
        Kali saiki deres banyune
        Ojo kintir , nglangi lan slulup wae
        He he he he

        Keren kan ….
        Strategi , putar otak eyang jawa …. ‘ the last ‘
        Lelananing Eyang genah lan mudheng…’ Legend ‘
        He he he segini aja dulu….
        Akeh gabah di interi
        Cobi ditiliki ingkangtengahing interan
        Beras napa ing tengah interan
        Beras asli, beras ‘the’ las.
        Warninipun…..

        He he he he
        SUGENG DALU KAGEM SEMUANYA

      • Selamat pagi jeng…saya ucapkan terima kasih telah mewacanakan tebaran kartu saya, saya merasa batin saya tersentuh dan merasa benar apa yang jeng dewi tafsirkan,..tapi saya memohon dengan hormat dan sedikit memaksa jeng Dewi.. untuk menebar kembali dengan cara keltik,…inilah juga desakan bathin saya…mohon maaf jeng atas pemaksaan ini,…nuwun sanget…

    • Sugeng sore @ Mas Muji,

      Inggih mboten menopo mas, manggo langsung mawon kulo tepangaken waosan kartu keltik njenengan🙂 …

      1.Dinamika inti (a.pusat isu & b.apa yang harus diperbuat).
      2.Apakah yang terjadi dengan diri njenengan (a.pengetahuan tentang naluri & b.tingkat kesadaran).
      3.Hal atau orang yang pernah singgah dalam kehidupan njenengan.
      4.Menemukan karakter hubungan dengan lingkungan sekitar.
      5.Masalah atau kendala atau harapan.
      6.Kemungkinan masa depan.

      Dan ini jawabannya:

      1.a. KERETA KRESNA, kartu hitam, elemen spiritual, yang berarti keberhasilan atau succees.

      Kejayaan. Kemenangan. Kesehatan. Sukses datang lebih dulu, yang adakalanya tidak mantab dan kadang-kadang bisa kekal.

      2.b. PRABU SALYA, kartu biru, elemen air, artinya nasib baik atau good fortune.

      Keputusan yang benar. Sepantasnya dengan pemahaman yang baik atas persoalan yang tengah ditangani sebagai perhitungan menyeluruh atas sesuatu yang baik. Suatu keputusan hukum yang menawarkan keuntungan, kegembiraan dan kemakmuran. Memahami suatu kematian akan membawa ketenangan dalam hidup.

      2.a. DEWI AMBA, kartu ungu, elemen udara, yang berarti sakit hati atau heartache.

      Kedukaan karena memikirkan kesedihan yang mendalam, kegembiraan dan kebahagiaan akan mampu mengatasi kedukaan. Tidak percaya diri.

      2.b. DEWA BAYU, kartu ungu, elemen udara, memiliki arti kekuatan intellektual atau intellectual power.

      Panggilan energi dahsyat sebagai perbuatan ibadah yang meningkatkan kebaikan. Kekuatan tenaga yang tersimpan dibangkitkan dalam tindakan-tindakan nyata.

      3. LEMBU NANDINI, kartu kuning, elemen api, yang berarti perjalanan atau journey.

      Pengaruh; kemauan pribadi difoskuskan sebagai jalan yang membawa suatu perubahan ke tingkat lain yang lebih baik.

      4. DEWA RUCI, kartu hitam, elemen spiritual, memiliki arti ‘Reahing the goal’ dan sukses besar.

      Kemenangan disegala bidang. Melengkapi perjalanan karma. Persoalan itu sendiri sintesis. Kerajaan dunia. Kemerdekaan.

      5. BATARI DURGA, kartu ungu, elemen udara, yang berarti terisolasi.

      Menggunakan ilmu gaib. Kemungkinan terjadi suatu usaha yang berlebihan dalam mengusulkan sesuatu. Terlalu bertolak belakang. Suatu akhir yang picik dan tak berarti. Ketika semua permasalah disederhanakan, semua itu tak ubahnya bagai kumpulan benda bekas. Hasil yang tidak tentu disebabkan oleh ilmu gaib atau kesialan.

      6. GARUDA, kartu kuning, elemen api yang berarti ‘full speed’ atau kecepatan penuh.

      Kesempurnaan yang berlangsung singkat, membongkar motif-motif tersembunyi. Atau aspek-aspek rahasianya sudah tergenggam, sifat rahasia dengan kecenderungan yang mengarah ke sikap keras kepala; komplotan-komplotan. Berpikir cepat dengan diikuti tindakan-tindakan.

      Inggih sak meniko kartu tebaran celtic untuk njenengan, arti kartu sengaja saya ketikkan apa adanya, sehingga njenengan bisa lebih bebas dan leluasa meng-intrepertasikan-nya, Semoga berkenan🙂 …

      Salam celtic,

      Dewi

      • Met pagi jeng…terima kasih telah menebarkan celtic buat saya akan artinya saya memahami walau masih belum jelas…soal ilmu gaibnya..saya nggak nganut je..jeng..
        juga tak lupa dalam kesempatan ini.. saya mengucapakan semoga jeng dewi tetap selalu sehat walafiat dalam melayani para sahabat yang butuh pewacananya.

      • @ Mas Muji,

        Ilmu gaib itu bukan suatu klenik melainkan ilmu atau hal yang bersifat meta😉 …

        Wacana kartu BATARI DURGA tidak mampu saya terjemahkan, maka semuanya itu saya kembalikan kepada yang bersangkutan saja.

        Saya coba ulangi lagi dengan menempatkan kalimatnya secara berurutan :

        – Menggunakan ilmu gaib.
        – Kemungkinan terjadi suatu usaha yang berlebihan dalam mengusulkan sesuatu.
        – Terlalu bertolak belakang. Suatu akhir yang picik dan tak berarti.
        – Ketika semua permasalahan disederhanakan, semua itu tak ubahnya bagai kumpulan benda bekas.
        – Hasil yang tidak tentu disebabkan oleh ilmu gaib atau kesialan.

        Nah, kira-kira kesimpulan kalimat diatas adakah suatu hal yang memang sama sekali tidak menyangkut pribadi njenengan?… Sepertinya kalimat ‘Hasil yang tidak tentu disebabkan oleh ilmu gaib atau kesialan’ adalah jawabannya🙂 …

        Salam udara,

        Dewi

  32. Alhamdulillah…jeng dewi..ditengah malam yang sunyi dengan bijaksananya membalas uneg2 saya.
    dengan penjelasannya saya mengingat jauh kebelakang perjalanan hidup saya.
    selama itu saya tidak menyadari dengan sepenuh hati, baru kali ini setelah dibukanya tebaran kartu dari jeng dewi saya mengurut-urut kemasa silam dan saya merasakan sudah ada kejadian2 yang mungkin pasti keterkaitan dengan gaib tadi.
    Jeng dewi bisa bayangkan usia saya adalah 55 tahun seorang kakek dari 1 cucu, namun selama ini tidak menyadari sepenuhnya akan keadaan “diri”.
    Pada hemat saya siapapun Jeng dewi, kapanpun kita komunikasi, bagaimanapun cara nya. dengan kesadaran diri saya mengangkat Jeng Dewi sebagai dan adalah “Guru” saya.
    Saya akan selalu siap menerima segala wejangan “Jeng Guru Dewi” baik diminta ataupun tak diminta.
    Terima kasih “Jeng Guru Dewi”

    • @ Mas/Pak Muji Yth,

      Maturnuwun apresiasi positifnya, tapi tolong jangan panggil saya ‘guru’, saya jadi ewuh pakewuh dan tidak tahu harus bilang apa… he he he…

      Terima kasih, saya merasa masih harus banyak belajar, belajar dan belajar. mungkin disaat yang sama njenenganpun harus begitu, dan pada akhirnya guru terbaik atau sosok yang bisa kita sebut sebagai guru adalah pengalaman hidup kita masing-masing yang (juga) bisa kita jadikan teladan dalam hidup ini🙂 ….

      Salam manis,

      Dewi

  33. nyuwun agung pangapura mba yuk….menawa berkenan waktu ne boleh kah sy mohon tebaran kartu ne mba….matur nuwun mba…

    • @ Sdr Indra Isnaen,

      Tentu saja boleh, dengan senang hati saya telah membukakan kartu tebaran untuk njenengan🙂 …

      1.Raga: LEMBU NANDINI, kartu kuning elemen api, artinya: Perjalanan

      Pengaruh dan kemampuan pribadi difokuskan sebagai jalan yang membawa suatu perubahan ke tingkat yang lebih baik.

      2.Mental: RESI KANWA, kartu hijau elemen tanah, artinya: Kehormatan

      Suatu perubahan mendadak yang memberi keuntungan, atau suatu kilas balik yang mendatangkan perbaikan dalam pengembangan diri.

      3.Spiritual: KERETA KRESNA, kartu hitam elemen ruh, artinya: Keberhasilan

      Kejayaan, kemenangan, kesehatan. Sukses yang datang lebih dulu, yang adakalanya tidak mantab dan kadang-kadang bisa kekal.

      Inggih meniko kartu tebaran njenengan, semoga berkenan🙂 ….

      Salam sejahtera,

      Dewi

      • matur ksuwun sanget mba sdh mau meluangkan waktu ne buat sy….
        sy indra isnaen, PNS, tinggal di indramayu, lhr 9 Juni 1980, kawin, istri sedang mengandung anak ke 2, sktr 6 bln (semoga nanti bayi nya laki-laki, anak pertama sy 12 thn, prempuan mba – nyuwun pendongane ya mba…)

        jujur mba…smp brebes mili sy maca penjelasan diatas, meski sy tidak mengerti sepenuh’y tp itu yg sy rasakan mba….menawa saged, nyuwun penjelasane yg lebih jembar mba….

    • @ Mas Indra Isnaen,

      Kami semua di pendopo turut berbahagia menyambut kelahiran putra-putri njenengan yang kedua, semoga semuanya lancar serta ibu dan bayinya juga sehat🙂 …

      Baiklah, untuk melengkapi penejelasannya lebih dalam lagi, saya menggunakan tebaran kartu ‘Mawas Diri B’ :

      1.Bagaimanakah saya?
      2.Pengetahuan apakah yang saya butuhkan?
      3.Bagaimanakah saya memperolehnya?

      Dan inilah jawabannya:

      1.PANCAWALA, kartu ungu elemen udara, yang berarti : Kecemasan.

      Suatu perpindahan. Pindah rumah misalnya. Atau dengan kurir. Menerima hadiah tak terduga.

      2. PREGIWA & PREGIWATI, kartu biru elemen air, memiliki arti: Dinamika hidup.

      Impuls- impuls yang mengarah ke tindakan-tindakan yang selaras, hal-hal yang menyentuh rasa sulit diungkapkan dengan kata-kata. Terputusnya komunikasi atau Pikiran palsu yang mengakibatkan kebingungan. Perasaan bingung yang diakibatkan salah pengertian.Tidak ada rasa benci. Pertolongan dunia gaib.

      3.DEWI SARPANEKA, kartu biru elemen air, artinya: Tidak puas

      Perhatian yang penuh perasaan keibuan; kebutuhan untuk kembali rasa aman. Satu keinginan alamiah. Perlindungan yang berlebih akan mengurangi nilai kemampuan.

      Mas Indra, bacaan kartu diatas sudah saya lengkapi dengan ‘arti’ dan ‘penjabarannya’, sehingga njenengan bisa lebih terbuka memilah-milih poin pokoknya untuk mengintrpertasikannya sendiri berdasarkan energi perjalanan hidup🙂 …

      Salam dinamika,

      Dewi

  34. Wong Gunung said:

    Sugeng siang mbak Dewi :

    Saya mau merepotkan mbak Dewi lagi, nyuwun tulung dibukaken Tarot Wayang, Matur nuwun sanget

    Berkah Dalem…Rahayu….

    • @ Wong Gunung,

      Rahayu mas Wong, monggo mboten menopo, meniko kartu njenengan🙂 ….

      Raga : DEWI MADRIM, kartu biru, elemen air, artinya: ketika ungkapan dalam bentuk kata-kata berakhir, segala sesuatunya dikerjakan dengan sukses dan mendatangkan manfaat yang diinginkan.

      Mental : DEWA DHARMA, kartu hitam, elemen jiwa, artinya: keseimbangan dalam kekuatan, perjuangan dan keadilan. Namun masih terkungkung sebagaimana tindakan dalam suatu pengadilan.

      Spiritual : DEWI PERTIWI, kartu hitam, memiliki arti : Harapan. Kesetiaan. Pertolongan tak terduga. Adakalanya angan-angan. Adakalanya juga sesuatu yang menipu/ menipu diri.

      Semoga dengan tebaran kartu diatas, njenengan bisa menavigasi lautan kehidupan yang luas ini🙂 ….

      Salam sukses,

      Dewi

      • Wong Gunung said:

        Maturnembah nuwun mbak Dewi atas penjabarannya, nyuwun sewu sampun ngerepotin panjenengan,
        Semoga Berkat dari Tuhan Allah Semesta Alam selalu menyertai Panjenengan.
        Rahayu…….

      • @ Wong Gunung,

        Maturnuwun pandonganipun mas Wong, ngapunten tadi ada sedikit kata diatas yang saya edit lagi🙂 …

        Nuwunsewu, kulo nggih tasih belajar, mbok menawi enten kartu wedaran kulo ingkang mboten pernah/ mernahi lan mboten damel kerso🙂 …

        Salam manis,

        Dewi

  35. Mbak Dewi apa kabar?🙂 Tarot wayange rame😀

    • Khabar rahayu, lumayan lan wilujeng dear Gigi😉 …

      Maturnuwun udah mau mampir dan menyapa, senang bersua dengan njenengan kembali, semoga njenengan lan keluarga senantiasa dalam naungan kasih semesta dimanapun berada🙂 …

  36. Gde Rivana Raharja Mariatha said:

    Akhirnya ketemu lagi ama artikel tarot Wayang.. Hehehe.. Bisa minta bantuannya untuk membantu saya? Saya ingin menanyakan tentang jodoh&karir. Masih single.Saat ini saya mempunyai usaha sendiri dibidang travel agent..Usaha kecil2an. O ya.. ini data lengkap saya :
    Nama : Gde Rivana Raharja Mariatha
    Tgl.lahir : 23 Agustus 1979
    Jenis kelamin : Laki2.

    Saya ingin menanyakan tentang karir saya kedepannya ama jodoh saya..

    • Selamat sore @ Gde Rivana Raharja Mariatha,

      Terima kasih atas kunjungannya di pendopo🙂 …

      Baiklah, untuk mas Gde yang masih bujang dan sedang menjalankan suatu bisnis, saya menggunakan kartu ‘Tebaran Karier’ :

      1. Mengapa saya memilih karier ini?
      2. Apakah saya berada di jalan yang benar?
      3. kendala utama apakah yang saya hadapi?
      4. Apa yang menjadi kesukaan saya?
      5. Bagaimana menjaga dan mengawasi kemajuan saya?

      Dan ini jawabannya:

      1) RESI GOTAMA, kartu hitam, elemen spiritual, memiliki arti: Mawas diri atau Self intropection.

      Mencari kebijaksanaan dan ilham-ilham dengan kesadaran agung.

      2) DEWA BAYU, kartu ungu, elemen udara, memiliki arti: Kekuatan intelektual.

      Panggilan energi dahsyat sebagai perbuatan ibadah yang meningkatkan kebaikan. Kekuatan tenaga yang tersimpan dibangkitkan dalam tindakan-tindakan nyata.

      3) BATARA NARADA, kartu hitam, elemen jiwa, memiliki arti : Kompromi.

      Kekuatan yang beragam. Realisasi. Tindakan nyata. Efek kebaikan maupun keburukan. Keselarasan di antara dua keadaan yang saling berlawanan.

      4) WIBISANA, kartu kuning, elemen api, memiliki arti: Kelahiran baru atau Birth of enterprise.

      Kekuasaan. Keperkasaan. Daya tarik secara menyeluruh. Atau bisa berarti gagasan yang tidak diperlukan tentang suatu hubungan kemitraan.

      5) ABIMANYU, kartu kuning, elemen api, memiliki arti: Cadangan kekuatan atau Extra defence.

      Di permukaan yang tenang terdapat gelembung-gelembung kekuatan emosi yang dahsyat. Kesabaran yang tersembunyi. Kecepatan dan perubahan yang tidak dapat diramalkan. Keselarasan yang memberi kekuatan.

      * Okey, dan mengenai jodoh itu…. terus terang saya agak kelabakan, karena tidak bisa meramal tentang perjodohan dan memang dalam kartu tarot wayang ini tidak ada tebaran untuk jodoh, tapi saya mencoba berinisiatif dengan membukakan dua kartu lagi untuk njenengan.

      Dan ini jawabannya perihal ‘jodoh dan karier’ yang njenengan pertanyakan :

      1. DEWI DRUPADI, kartu hijau, elemen tanah, kartu Ratu yang memiliki arti : Bergerak dengan kecepatan besar, baik, pemalu, dapat dipercaya, perasa.

      2. KERETA KRESNA, kartu hitam, elemen ruh/jiwa/spiritual, memiliki arti: Keberhasilan atau succes. dimana Kejayaan. Kemenangan. Kesehatan. Sukses datang lebih dulu, yang adakalanya tidak mantab dan kadang-kadang bisa kekal.

      Monggo silahkan, sekiranya bisa disimpulkan sendiri wacana kartunya. Semoga mas Gde senantiasa mendapatkan limpahan kasihNYA dan tercapai apa yang dicita-citakan🙂 …

      Salam sukses,

      Dewi

  37. malam ibu Ani, saya ada beli tarot wayang ini, cuma kertas putih yang lepasan itu di ambil dan disobek2 oleh ponakan saya yang masih kecil, boleh minta salinan kertas putih itu kah? lalu boleh minta arti dari masing2 gambar di kartu? thank freddy

  38. Artikelnya sangat bermanfaat menambah pengetahuan….

  39. Ibu dewi,………….. mau juga doong dibukakan kartu tarot wayang
    Matur Nuwun

    • Sugeng siang @ Muhammad Amin,

      Maturnuwun, monggo meniko 3 tebaran kartu untuk njenengan :

      1) Raga : DEWA SURYA, kartu hitam, bermakna : Kebangkitan baru- Rebirth.

      Keputusan terakhir. Hukuman. Kepastian suatu hal tanpa permohonan. Tanpa perencanaan. Kejernihan. Perubahan kesadaran.

      2) Mental : ANTABOGA, kartu ungu, mempunyai makna : Melintasi laut- A trip abroad.

      Suatu perpindahan, pindah rumah misal. bisa dengan kurir. Atau Menerima hadiah yang tak terduga.

      3) Spiritual : DASAMUKA, kartu hitam, maknanya : Kekacauan- Chaos.

      Ambisi. pertikaian. Peperangan. Kejutan. Keberanian. Luluh lantak. Berbahaya. Kejatuhan. Puing-puing.

      Jika saya terjemahkan, kira-kira artinya sebagai berikut :

      “Saat ini njenengan tengah mengalami sebuah perubahan dalam hidup atau suatu kelahiran (kesadaran) baru. Untuk itu njenengan berkeinginan melakukan perjalanan atau sebuah journey. Dan tekat njenengan sudah bulat, njenengan pemberani dan penuh ambisi.”

      Njenengan juga bisa mengartikannya sendiri, barangkali saya salah, monggo cobi di ramesi kiyambak🙂 …

      Salam rahayu,

      Dewi

  40. Betul sekali Bu dewi……… tak lama lagi kami berencana pindah rumah…….. dengan harapan berpindah juga kesadaran ……… dari kesadaran fisik menuju kesadaran bathin /ruhani ……. Terima kasih banyak …… Salam cahaya

  41. salam sejahtera mba dewi….nuwun agung pangapura ne mba yu….matur kesuwun sanget atas pendongane mba yu; istri sy sdh melahirkan putra laki-laki tgl 25 Agustus 2014 kemaren mba, anak sy sempat dirawat selama 1 minggu, tp skrng sdh plg dan dalam masa pemulihan….sekali lag matur ksuwun sanget atas pendongane mba yu…..

    • Pamuji rahayu @ Indra Isnaen,

      Tumut nderek bungah kagem klairan putronipun, wah, Virgo boy, sesuk yen gedhe bakal dadi satrio, bagus, pinter, dermawan, welas asih marang sesami lan pinter nyenengake wong tuo🙂 …

      Mugi njenengan lan keluargo tansah pinaringan kawilujengan, katentreman lan tansah widodo dening Gusti Ingkang Kinasih.

      Ayu hayu rahayu…

  42. Dear Jeng Dewi…

    I’ve been reading some of your post on this blog, And its quite Interesting topic, about javanese tarot.
    And with all my humble, could you please open some card fo me?
    I do really appreciate you for your effor dear…
    thank you.

    cheers…

    • Good evening @ Satriyo W,

      Sure dear, it was my pleisure🙂 …..

      Ok, this is it, these are your card :

      1) Physically : ANTABOGA, Purple Element, which mean ‘A Trip To Abroad’.

      A task possible to accomplish by means of wise words. Now doors are open for you. And you gonna passing your difficulty.

      2) Mentally : RESI BISMA, Purple Element, which mean ‘A Hazard’.

      Yield before the massive attack unavoidable. You are persistence in fighting enormous obstacles. And it’s a success with a high price to pay.

      3) Spiritually : ADIPATI KARNA, Blue Element, it`s mean ‘A New Relationship’.

      It`s a ‘Knight’ card actually, the character are cruel yet so tricky.

      Well, that`s all your card dear knight, and thank you to have a look at here🙂 …

      Just remember, your element quality in Tantra was dominated in ‘purple’ energy, which mean your condition are : marvel, rush, obstacle and anxiety. but ‘blue’ energy also tells that you were : pay respect, love, satisfaction, knowledge, preparation and ready for action😉 … cheeerrss ….

      Warm regard,

      Dewi

      • Good day dear Jeng Dewi,,

        I quite amaze with the result of your the readings and interpretation from the syimbol of each of it.
        According to all cards that you have opened, I asumme that I am heading into a deep dificulties or may be I am already on it ?

        By realize that one thing would lead to another, Shall you open another card, five athore cards i believe, for this old rotten Khight ?🙂 Porvavor chika bonita?

        Cheers……

        An Old Rotten Knight.

        Satriyo W.

    • Good afternoon @ Knight Satriyo W,

      Thank you… Oh la la… La Isla Bonita😉 …

      The story of old rotten knight is just a tale, a knight tale is actually something of an experimental melding of old and new. and you have come through it, ‘cos the knight spirit always stay for those who have a brave and handsome heart🙂 …

      Ok, I just open the celtic card for you, and I summaried them to know the condition and situation, also the core issue about your life, environment and the instinc knowledge, plus possibility of your future.

      Here they are :

      1) Your life issue is : BATARI DURGA, Purple Element, which mean : ‘Isolated’

      Using physic power. Possible struggle for proposal in excess. Too contradictory. A crafty ending and meaningless. When all problems to be simplified, all will be like junks. Inconstant result caused by an act of magic or bad luck.

      2) What is happening is : DEWI SARPANEKA, Blue Element, which mean ‘Dissatisfied’

      Attention to motherly feeling; need to regain security. Natural needs. Excessive protection will lessen the value of aptitude.

      3) Something/Someone who pass on your life is : RESI WISRAWA, Blue Element, which mean ‘Wise Person’

      It`s a king card, the character are elegant and poetic.

      4) The relationship between your environment is : BURISRAWA, Blue Element, which mean ‘Daydream’

      Presence of a partnership bridging the elements linked to emotional matter required. A marriage is obviously a partnership manifestation from the elements of two individuals or leading to a common view in perceiving the world. A deception through flattery, where people forget personal interest.

      5) Problem or obstacle or hope is : GARUDA, Yellow Element, which mean ‘Full Speed’

      Short term perfection; pricking hidden motives. Or secret aspects already in hand, secret nature with a tendency toward stubborn behavior; gangs. Think fast followed by actions.

      6) Knowledge of insticn is : RESI MANUMAYASA, Purple Element, which mean ‘Need Self-Introspection’

      Indirectly the presence of silence will be athreat. The door will be open widely, and all the problem will dissolve.

      7) Future possiblility : GUNUNGAN, Black Element, which is ‘Surprise’

      Luck and happiness, but at times a kind of succees. (good) Karma.

      Now, look at your Tantra colour :

      – Yellow Element are : established, patience, inspiration, silent mental, physical comfort.

      – Black Element is : the spirit to love knowledge about spirituality, open mind, instinct sensitivity development, power of contemplation, and a will to be alone.

      You asked me whether you were heading or already in difficulty? I think the card already tells that whether you were into or heading them, you will always could pass or dissolve the problem.

      The reading card is the possiblelity the universe could guide you, the rest is all up to you, which mean, above all the interpretation are wide, but only you who know better what is happening inside, about your life.

      So, I let you read it with a gratitude : May the spirit of the knight will always be with you🙂 … cheeerrss…

      Chika regard,

      Dewi

      • Good Afternoon Jeng Dewi…

        Ow la la…. Bonita, you opened 7 card of me? Muchas Grecias porvavor…. and all of it are….Speecless…. numbless and marvelous….:) I barely cannot imagine if you open 9 card for me.. for sure the result would be …..

        To be honest dear, I keep reading the first 3 card that you opened for me.. Over and over again.. and I let my self to be on it… which is I let my self to feel your vibe and energy on that cards…. and I might say,, Your doing a great job linda bonita!!!!🙂

        Than, a second 7 cards are shown…( actually, i just asking 5 indeed)🙂
        First card,.. isolated-physically-magic-others-occurs-on me….
        Shocking???? hmmmm….not really,…… I am aware on it and this is exactly what I need, as a second opinion from others..(event a dentist coud not took the tooth by him self for sure) And its true as a blue!

        Second card… mmmmm…financial security perhaps?🙂 some one told me that one thing that money can’t buy is… pride. All man in this day just crawling-fighting to ern a “green”… its important, but not everything… (stand tall a long a hall with a hollow on his polo = no money no honey)…😀

        And the rest of card, on simple way I say…. drop everthing,-look deep down inside- take a slow deep breath…. and ….RUN!!!! 🙂

        Thank you Jeng Dewi my dear, my chikitita linda bonita..
        For your time ,your efford and energy, I do really Appreciate you.

        From the bottom of my soul, Thank You…

        Satriyo W.

      • Gracias… gracias muchos @ Satriyo W,

        It was so nice to know that the energy was match to you. no matter how, life is always full of surprise right?! just keep the faith and the spirit🙂 …

        So, don`t worry be happy :)… cheeerrss…

  43. Dear mbakyu Dewi,
    Mohon dibukakan kartu tarot wayangkyu ya.. sudah lama tak bersua… mohon pencerahannya akyu…
    Tararengkyu mbakyu… chreers.. ting.. ting.. suara berdenting gelas ketemu gelas..🙂

    • Sugeng sore @ Kang Senyum🙂 ,

      Sugeng pepanggihan malih, monggo meniko kartu mood njenengan :

      1) Raga : PRABU SALYA, kartu biru, elemen air, artinya nasib baik atau good fortune.

      Keputusan yang benar. Sepantasnya dengan pemahaman yang baik atas persoalan yang tengah ditangani sebagai perhitungan menyeluruh atas sesuatu yang baik. Suatu keputusan hukum yang menawarkan keuntungan, kegembiraan dan kemakmuran. Memahami suatu kematian akan membawa ketenangan dalam hidup.

      2) Mental : DEWA BAYU, kartu ungu, elemen udara, memiliki arti: Kekuatan intelektual.

      Panggilan energi dahsyat sebagai perbuatan ibadah yang meningkatkan kebaikan. Kekuatan tenaga yang tersimpan dibangkitkan dalam tindakan-tindakan nyata.

      3) Jiwa : DURSASANA, kartu ungu, elemen udara, memiliki arti : Perubahan tiba-tiba.

      Kartu ‘kesatria’ yang memiliki karakter : Berdaya cipta, bersifat curiga, waspada dan lamban.

      Sugeng ngedapi waosanipun lan sugeng nggarahapi malam minggu🙂 …

      Salam moody,

      Dewi

  44. Satriyo W. said:

    olla!! como esta jeng dewi linda bonita? bien?
    would you open another card for me please? Its about job actually.. IF, i choose to start a new busines as an Insurace agent, would it be the best for me? (my concern are about income and time to chieve the income target)
    thank you for your kindness..

    rahayu and Cheers..:)

    • @ Satriyo W,

      Merci, tres bien monsieur🙂 …

      Ok, for your request, I used a ‘Career’ Spread…

      1. Why do I choose this career?
      2. Am I in the right path?
      3. What is the main obstacle I have?
      4. What to be my liking?
      5. How to watch and secure my development?

      Voila the answer :

      1.PARIKESIT, Blue Element, it mean ‘New spirit’ :

      The birth of joy and working program that reaches the goal.

      2.BEGAWAN DURNA, Purple Element, it mean ‘Conflict’ :

      Imagination among the problems. A stroke disperses the dreams.

      3.DEVI LAKSHMI, Black element, it mean ‘Material Fulfillment’ :

      Fame. Addition. Glory. Arrogance. Show. Pride. Fulfilling partnership.

      4.BAGONG, Black Element, it mean ‘Choice’ :

      Idea, mind, spirituality, showing the will, and big effort rousing wordly things.

      5.SOKASARANA, Green Element, it mean ‘Poverty’ :

      Enduring pressure strongly either from the outside or the inside in the forms of stress, persuasion or anxiety that might come to surface because of constant pressure. The power to stand up steadfastly before coming threats or misery.

      Well, those are your cards. Hope you can succeed and fulfill your dreams… cheeerrss🙂 …

      Dream and Joy,

      Dewi

  45. Satriyo W. said:

    gee….

    it sounds worst i gues.. the 2nd and the 5th card perhaps its tell me that I would be better to change my choice and swtching to some thing els… hmmmm.. thousand way, and just one to choose…
    well many thanks jeng dewi bonita..

    Rahayu and cheers..🙂

    • @ Dear Satriyo W,

      Well, nothing is worst when we can make our decision and or strategy at advance. most of all the reading card could guide us to be alert too, but above of all please trust your own self.

      So be cheers and confident, rahayu 3x🙂 …

  46. Cerdas….

    King language
    Kaluwarga Kadilangu Inggil village
    He he he
    Disasmitani lan diwaskitani
    Mugi tinemu ilmi Pancer

  47. Salam sejahtera..Jeng Dewi…mohon tebaran kartu bagi saya..ingin melihat proses perubahan diri..terima kasih..Jeng…

    • Sugeng dalu @ mas Muji,

      Pamuji rahayu, maturnuwun sami-sami, nggih monggo🙂 …

      1) DEWI ANJANI, elemen kartu biru, ‘Ketajaman Intuisi’

      Kartu Emban, memiliki karakter yang manis, puitis, lembut, baik.

      2) DEWI SARASWATI, elemen kartu hitam, ‘Kearifan’

      Perubahan, pengganti. Pertambahan. Pengurangan. Ketidaktetapan. Menukik. Kebijaksanaan.

      3) PETRUK, kartu elemen hijau, ‘Self-mastery atau Kepercayaan diri’

      Mengharapkan kehadiran seorang anak atau munculnya suatu ide. Kelimpahan. Keberuntungan. Sebuah hadiah berupa warisan pusaka.

      Meniko kartu energi njenengan untuk past, present and future life🙂 …

      Salam sejahtera,

      Dewi

  48. Terima kasih Jeng Dewi…atas tebaran kartunya untuk saya..tapi masih samar dalam mengerti…tapi merasa getaran yang menghenyak hati…Mohon beri saya ulasan lagi Jeng…

  49. Jeng Dewi..maaf saya masih ada uneg2 tapi ini masalah Putri saya, Namanya Arsy Radhipta Lestari, masih gadis ,kuliah sambil kerja, usia 22 tahun, tapi masih asyik sendiri (belum ada pacar)…Mohon Jeng Dewi,, berkenan tebarkan kartu untuk putri Arsy Radhipta Lestari…

    • Sugeng enjang @ Bpk Muji yang lagi galau😉 …

      Saya sudah melihatkan lagi kartu untuk njenengan dan semuanya bagus, yaitu :

      RAMA & SINTA, melambangkan keselarasan dan harmony, serta ada DEWI SARASWATI yang berarti kearifan, lalu keluarlah kartu ARJUNA atau kemenangan :

      “Kemenangan; kendala-kendala yang tersapu bersih. Suatu inisiasi baru yang membuat lebih luwes atau kekuatan-kekuatan awal. Yakin bahwa segala permasalahan menjanjikan kebaikan”.

      Untuk putri njenengan, mbak Arsy Radhipta Lestari, inilah kartunya :

      Raga : KERETA KRESNA, kartu hitam, elemen spiritual, yang berarti Keberhasilan atau succees.

      Kejayaan. Kemenangan. Kesehatan. Sukses datang lebih dulu, yang adakalanya tidak mantab dan kadang-kadang bisa kekal.

      Mental : BATARI SRIMULIH, kartu kuning (elemen api), yang berarti suatu Anugrah

      Penggabungan yang berlawanan yang mungkin terekspresi dalam bentuk pernikahan; ketenangan sebelum badai, yang tak terduga (sebagaimana api dan air yang menguap di udara)

      Kartu ini juga bisa berarti, emosi yang berubah-rubah, perubahan yang tak terduga, yang menyelamatkan perlindugan dengan kerja keras.

      Spiritual : PRABU SALYA, kartu biru (elemen air) artinya Nasib baik atau good fortune (masa depan bagus).

      Keputusan yang benar. Sepantasnya dengan pemahaman yang baik atas persoalan yang tengah ditangani sebagai perhitungan menyeluruh atas sesuatu yang baik. Suatu keputusan hukum yang menawarkan keuntungan, kegembiraan dan kemakmuran.

      Kartu ini juga bisa berarti, memahami suatu kematian akan membawa ketenangan dalam hidup.

      Semoga pak Muji beserta keluarga senantiasa mendapatkan kebahagiaan lahir batin dengan untuk kebaikan, ketenangan dan kesejahteraan🙂 …

      Salam rahayu,

      Dewi

      • Terima kasih Jeng Dewi…atas wacana dari tebaran kartu saya dan putri saya, akan dicamkan menjadi nasihat diri kami sekeluarga..salam sejahtera

  50. ?? Ramalken sy dunk bu. Mksh.

    • Wilujeng siang @ Bang RP,

      Haturnuhun sampun kersa anjangsana ten pandopo maya😉 ….

      Baiklah, untuk abang saya bukakan tiga kartu untuk mengetahui karakter raga, mental dan ruh. dan berikut penjelasannya :

      Raga : DEWI MADRIM, kartu elemen biru, memiliki arti ‘Puncak Kebahagiaan’

      Ketika uangkapan dalam bentuk kata-kata berakhir setelah segala sesuatu nya dikerjakan dengan sukses dan mendatangkan manfaat yang diinginkan

      Mental : DEWI KUNTI, kartu elemen hitam, memiliki arti ‘Hasil Karya’

      Indah. Kebahagiaan. Kegembiraan. Keberhasilan. Kemewahan. Foya-foya. Kelimpahan. Kehamilan. Ibu. Ibu alam.

      Ruh : DEWI AMBA, kartu elemen ungu, memiliki arti ‘Sakit Hati’

      Kedukaan karena memikiran kesedihan yang mendalam. Kegembiraan dan kebahagiaan akan mampu mengatasi kedukaan. Tidak percaya diri.

      Semoga berkenan dan maaf sebelumnya jika saya ada salah atau tebaran kartunya ini tidak tepat🙂 …

      Salam rahayu,

      Dewi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s